Desain
Jun19

5 Tips Desain Ruang Keluarga Minimalis

desain-ruang-keluarga-minimalis-sederhana.jpg

Bagaimana cara menciptakan desain ruang keluarga minimalis yang menarik? Ruang keluarga merupakan ruangan penting yang harus ada di dalam sebuah rumah. Seperti ruangan lainnya, ruang keluarga juga mempunyai fungsi tersendiri, yakni sebagai tempat bercengkrama antar-anggota keluarga maupun menerima teman dan rekan bisnis yang akrab. Oleh sebab itulah, ruangan ini harus lebih Anda perhatikan agar kenyamanan dan estetika ruangan terjaga secara maksimal.

Meletakkan beberapa foto sebagai hiasan ruang keluarga mungkin sudah pernah Anda coba dan berhasil menambah nilai ruangan. Tapi tahukah Anda, bahwa ada hal-hal yang lebih mendasar dalam teknik mendesain ruang keluarga ini agar terlihat minimalis meski dengan teknik sederhana? Berikut ini beberapa inspirasi yang akan membantu Anda dalam bermain desain di ruangan ini :

1. Kursi

Seperti kita ketahui, keberadaan kursi sangat penting di ruang keluarga. Adanya kursi ini berfungsi sebagai tempat duduk selama keluarga berkumpul. Kursi yang menarik mampu menyambut tamu secara lebih dalam. Lebih-lebih jika kursi tersebut nyaman saat diduduki. Jadikanlah sofa sebagai pilihan pertama Anda. Apabila Anda ingin ruang yang mampu menampung lebih banyak orang cukup dengan menggunakan kursi lipat saja sudah cukup.

2. Hiasan Dinding

Dalam mendesain ruang minimalis, sebisa mungkin hindari menggunakan hiasan dinding yang berlebihan. Sebab jika kita menggunakan benda-benda hias dalam jumlah yang banyak, unsur geometris yang harus ada pada konsep minimalis jadi kabur. Sehingga desain yang ingin kita tampilkan pun menjadi tidak jelas. Cobalah memilih hiasan seperlunya saja dan usahakan yang memiliki bentuk geometris yang tegas. Bingkai lukisan berbentuk persegi misalnya.

3. Pandangan Luas

Kebalikan dari konsep ruang tamu yang sebaiknya memusat, ruang keluarga yang ideal harusnya memiliki pandangan yang lebih terbuka. Dengan kata lain orang-orang yang nantinya akan berada di dalam ruangan ini, bisa menikmati seluruh sudut ruangan dengan lebih nyaman. Dengan pandangan yang nyaman ke seluruh ruangan, proses percakapan dan tatap muka saat pembicaraan berlangsung pun bisa berjalan dengan santai tanpa harus terganggu dengan suatu objek.

4. Ruang Gerak

Pada umumnya, ruang keluarga berada di tengah-tengah rumah. Ruangan ini menjadi penghubung antara ruang bagian depan dengan ruang bagian belakang. Karena itu, pastikan Anda telah menyisakan ruang gerak yang cukup di ruangan ini sebagai tempat lalu lalang penghuni rumah.

5. Furnitur

Meletakkan furnitur yang unik akan menambah daya tarik ruang keluarga Anda. Sayangnya, beberapa furnitur jika diletakkan di sudut yang kurang tepat justru akan mengakibatkan ruangan terlihat norak. Agar terhindar dari hal ini, Anda bisa meniru berbagai desain arsitek ternama dalam memilih hiasan furnitur. Bisa juga melalui website ARAFURU.COM ini karena di sini tersedia berbagai desain yang tidak biasa yang bisa Anda coba. Selamat berkreasi!

Tags: ruang keluarga

Related Posts