Desain
Jul15

7 Inspirasi Desain Ruang Fitnes di Rumah

desain-ruang-fitnes-di-rumah.jpg

Mempunyai ruang fitnes pribadi mungkin akan terasa sangat menyenangkan. Anda bisa berolahraga di rumah dengan santai. Selain itu, Anda juga bisa lebih menghemat uang dan waktu karena tidak harus pergi ke pusat kebugaran untuk sekedar melatih otot tubuh. Investasi pun bisa dilakukan melalui pengadaan alat gym yang lengkap. Ruang fitnes yang ideal adalah ruangan yang mampu memenuhi kebutuhan latihan Anda dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Berikut ini kami sudah menyiapkan tips-tips bagaimana cara merancang ruang fitnes di dalam rumah :

Langkah 1 : Memeriksa Ruang

Menganalisa ruangan yang akan digunakan sebagai ruang fitnes bertujuan untuk menentukan berapa banyak peralatan fitnes yang bisa diletakkan di sana. Utamakan peralatan yang penting terlebih dahulu, seperti treadmill, barbel dan beberapa peralatan untuk melatih otot.

Langkah 2 : Menyesuaikan Peralatan Fitnes yang Digunakan

Sesuaikan peralatan fitnes dengan program latihan yang Anda jalani untuk menyeleksi apa saja peralatan yang diperlukan. Misalnya jika Anda sering melakukan joging dan bermain futsal di luar, maka Anda tidak perlu lagi alat kardio di ruang fitnes. Tetapi jika Anda juga ingin berlatih kardio di dalam ruangan, cukup membeli satu set saja alat kardiovaskular, barbel dan karpet untuk area pemanasan.

Langkah 3 : Menghitung Anggaran yang Dimiliki

Susun anggaran belanja Anda untuk mengetahui berapa banyak biaya akan dikeluarkan untuk membeli masing-masing peralatan fitnes. Disarankan untuk membeli peralatan yang sering digunakan dengan kualitas terbaik agar tidak mudah rusak. Pertimbangkan anggaran untuk peralatan utama seperti kardiovaskular, alat-alat berat, bangku serta peralatan tambahan seperti karpet dan bola.

Langkah 4 : Mencari Barang-barang yang Dibutuhkan

Untuk mendapatkan peralatan fitnes yang dibutuhkan, Anda bisa berbelanja di toko olahraga terdekat atau bisa melalui toko online yang menjual peralatan fitnes. Jangan lupa untuk membaca review dan feedback dari konsumen yang sudah mencoba peralatan tersebut sebelumnya. Jangan ragu untuk mencoba peralatan tersebut di tempat dan bertanyalah untuk lebih memahami fungsi peralatan tersebut di dalam latihan.

Langkah 5 : Mempertimbangkan Aksesoris

Pertimbangkan aksesoris yang mungkin bisa Anda tambahkan ke area ruangan, seperti televisi, cermin dan AC. Meskipun aksesoris-aksesoris ini tidak terlalu penting, tetapi jika Anda masih mempunyai sisa uang, Anda bisa menambahkannya untuk menciptakan suasana olahraga yang lebih nyaman.

Langkah 6 : Menyesuaikan Tata Letak

Sebelum Anda memasukkan peralatan tersebut ke ruang fitnes, cobalah membuat sketsa pengaturan letaknya terlebih dahulu. Mesin kardio bisa menghadap ke televisi dan jangan menempel dinding agar tidak ruangan tidak terkesan sempit. Rak tempat meletakkan peralatan beban diatur melawan dinding untuk menciptakan ruang latihan di sekitarnya.

Langkah 7 : Menghias Dinding

Anda bisa menggunakan cat dinding polos atau bermotif untuk membuat suasana olahraga yang lebih atraktif. Ruangan yang menarik akan menjaga mood Anda untuk selalu melakukan latihan sesuai program yang telah dibuat.

Beberapa tips lain dalam menata ruang fitnes, yaitu :

Cobalah bertanya pada pemilik pusat kebugaran dimana Anda sering berlatih untuk memperoleh referensi penjual alat fitnes dengan kualitas yang teruji. Belilah peralatan dalam satu set dan usahakan membelinya di satu tempat saja.

Jangan menambahkan terlalu banyak alat fitnes di ruangan yang kecil. Cobalah realistis dengan mencari tahu berapa banyak bentuk latihan yang bisa Anda lakukan. Bagaimanapun suasana ruangan yang sempit tidak akan menghasilkan olahraga yang maksimal. Jujurlah kepada Anda agar menyediakan peralatan yang memang diperlukan agar tidak percuma.