Desain
Jul15

5 Kelebihan Desain Pintu Rumah Berbahan Kayu

Sponsored Links

desain-pintu-rumah.jpg

Pintu adalah unsur dekorasi yang wajib ada di setiap rumah. Selain sebagai jalan lalu lalang, pintu juga berfungsi memperindah bagian eksterior rumah. Karena itu, mulai dari rumah-rumah kecil hingga gedung-gedung megah semuanya berlomba-lomba membangun pintu seindah mungkin.

Bahan pintu yang paling banyak digunakan adalah kayu. Meskipun tampilannya terlihat sederhana, tapi bukan berarti semua orang bisa membuat desain pintu kayu yang cantik. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan kualitas pintu cukup kuat, kokoh dan siap digunakan di berbagai pelengkap lingkungan rumah. Hal ini terlihat dari perbandingan antara pintu yang dibuat seadanya dengan pintu yang dibuat oleh seorang ahli, tentu pintu kedua lah yang memiliki daya pakai lebih lama.

Hangat dan Mengundang

Aksesoris eksterior dari pintu kayu mampu menciptakan kesan yang hangat dengan mudah. Hal ini sejalan dengan apa sudah kita ketahui sebelumnya bahwa elemen kayu merupakan elemen hangat meskipun masih dalam kondisi asli dan belum dicat. Selain itu, pintu dari kayu juga terlihat lebih ramah dan menyambut tamu daripada pintu dari logam yang terkesan kaku dan dingin. Jika Anda ingin memiliki suasana eksterior rumah yang menyenangkan, maka memilih pintu kayu merupakan keputusan yang tepat. Tidak peduli apakah rumah Anda bergaya modern maupun tradisional.

Dekorasi yang Mudah Disatukan

Kelebihan lain dari pintu kayu adalah sifatnya yang alami sehingga mudah disesuaikan dengan warna dan gaya apapun. Modelnya pun bisa dibuat semau kita. Mulai dari model yang sederhana, pintu yang bersatu dengan jendela serta pintu dengan ornamen yang penuh. Elemen kayu juga dikenal efektif untuk menyatukan dua aliran desain yang saling berbeda. Sementara itu, bentuk pintu kayu juga sangat fleksibel. Mulai dari bentuk khas pintu yaitu persegi panjang, bentuk puncaknya yang membulat, pintu bergaya Perancis, tambahan lengkungan maupun bentuk-bentuk unik-unik lainnya yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Penambah Suasana Alami

Kayu merupakan bahan alam yang terlihat indah saat digunakan pada arsitektur rumah. Tidak seperti logam, kayu mampu mempertahankan udara panas di dalam ruangan dan menahannya dari luar. Selain itu, ukuran pintu kayu yang umumnya tebal juga memastikan pintu memiliki daya tahan tinggi. Sebagai pasangannya, pastikan Anda memilih kusen yang pas untuk meminimalisir udara luar yang bisa masuk melalui celah-celah pintu dan kusen.

Keamanan Tinggi

Secara alami kayu bersifat kuat, padat dan awet. Oleh sebab itu, pintu kayu lebih memastikan rumah Anda terlindung dengan aman. Agar sistem keamannya bertambah, Anda bisa memperkuatnya dengan penambahan pintu kustom di belakangnya.

Memperindah Suasana Rumah Bagian Luar

Keindahan pintu kayu tidak hanya bisa dinikmati oleh pemiliknya, tetapi juga bagi siapa saja yang bertamu atau kebetulan lewat di depan rumah. Pintu kayu menambah suasana jalanan di sekitarnya akibat efek hangat yang ditimbulkan dan mengundang mereka melihatnya. Selain itu, jika Anda berniat menjual rumah suatu hari nanti, maka Anda akan bertemu dengan lebih banyak orang-orang yang tertarik pada rumah daripada Anda memilih bahan pintu yang lain.

Ketika memilih pintu kayu untuk rumah Anda, perhatikanlah seluruh detail dekorasi yang ada. Jangan ragu meminta bantuan jasa desain rumah sebab mereka bisa memilihkan pintu mana yang mempunyai desain bagus dan kualitas terbaik. Bagaimanapun, kekuatan terhadap perubahan suhu dan kelembaban serta sesuai dengan lingkungan merupakan faktor yang perlu Anda perhatikan pertama kali dalam memilih pintu rumah.

Tags: desain kayu pintu rumah

Sponsored Links

  • SHARE!

Related Posts