Desain, Ruang Kerja
Jul14

8 Ide Membangun Desain Perpustakaan di Rumah

Sponsored Links

desain-perpustakaan-di-dalam-rumah.jpg

Ada banyak orang yang mempunyai hobi membaca dan mengoleksi buku tetapi kesulitan dalam menatanya. Apabila Anda juga termasuk ke dalamnya, tentu akan menyenangkan bila bisa hidup dikelilingi oleh buku-buku yang tertata rapi. Salah satu ide untuk mewujudkan impian adalah mendirikan ruang perpustakan pribadi di rumah. Sebuah perpustakaan di mana Anda bisa mengatur buku-buku favorit Anda dan menghabiskan waktu bersantai bersamanya.

Tidak semudah mendesain ruangan lainnya, dalam membuat perpustakaan ini Anda perlu memperhatikan beberapa faktor yang bisa menjamin kenyamanan dan ketenangan selama Anda membaca. Berikut ini cara mudah untuk mengintegrasikan perpustakaan dengan interior rumah :

1. Menentukan Suasana Perpustakaan

Langkah pertama ini merupakan langkah dasar. Anda perlu membuat gambaran terlebih dahulu mengenai bagaimana suasana yang ideal bagi Anda. Mulailah dengan mengatur pencahayaan, membuat sketsa, tata letak interior, penempatan aksesoris, pengaturan buku, dan lain-lain. Jangan lupa memperhatikan kesukaan anggota keluarga lain juga. Baru setelah semua daftar ini terkumpul, Anda sudah siap mendesainnya.

2. Menentukan Lokasi Perpustakaan

Langkah kedua ini bertujuan untuk menyesuaikan struktur desain rumah yang sudah dibuat. Untuk rumah besar, tentu tidak sulit menentukan tempat yang paling pas dibuat perpustakaan. Sementara untuk rumah kecil, Anda bisa menjadikan ruang tamu sebagai ruang perpustakaan dengan menambahkan rak buku.

3. Menghitung Kebutuhan Tempat Penyimpanan Buku

Sebelum Anda memilih desain rak buku, cari tahu lebih dulu berapa banyak kapasitas buku yang diperlukan. Hitung jumlah buku yang sudah Anda miliki dan perkirakan buku-buku apa saja yang akan Anda beli dalam tempo setahun. Dengan cari ini, Anda bisa memilih rak yang sesuai dengan kebutuhan. Pilih rak tinggi yang menyentuh langit-langit apabila buku yang dimiliki berjumlah banyak. Sebaliknya, untuk koleksi buku yang masih sedikit pilih rak yang terbuka.

4. Memilih Desain Rak Buku yang Tepat

Pastikan rak yang dipilih mampu menjaga kondisi buku Anda, memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menghindari kelembaban, memastikan buku-buku tersebut tidak hancur dan berjatuhan di lantai karena saling berdesakan. Biarkanlah rak terlihat sederhana dan hindari menambahkan ornamen ukiran. Biarkan buku yang menjadi hiasan interior.

5. Menentukan Warna Cat Dinding Ruangan

Anda bebas menentukan warna cat dinding yang akan dipergunakan. Pilih jenis warna yang santai, terlebih warna tersebut merupakan favorit Anda. Boleh juga kombinasi warna hijau dan coklat untuk menciptakan suasana masa kecil. Bahkan boleh memakai cat berwarna-warni yang harmonis.

6. Menambahkan Furnitur

Selanjutnya tambahkan beberapa furnitur untuk menciptakan kenyamanannya. Yang dimaksud furnitur di sini adalah selain rak buku, biasanya kursi dan meja yang dipakai saat membaca. Sesuaikan jumlah furnitur dengan ukuran ruangan. Pilih furnitur berdesain sederhana dan tambahkan lampu tepat di atas kursi utama agar terasa nyaman saat membaca.

7. Mengatur Tata Letak Furnitur di Ruangan

Untuk mengatur penempatan rak buku dan furnitur lainnya, Anda perlu memperhatikan berapa luas ruang gerak yang akan tersedia. Pastikan orang bisa berjalan dengan mudah di dalamnya, mudah dalam mencari buku, dan bisa membaca dengan tenang tanpa terganggu orang-orang di sekitarnya. Untuk menjaga kondisi buku, bisa dengan memisahkan buku baru dengan yang lama.

8. Pencahayaan yang Maksimal

Pencahayaan merupakan faktor yang penting untuk mendukung proses membaca. Pada siang hari, Anda bisa memaksimalkan pencahayaan sinar matahari melalui dekorasi rumah dengan posisi jendela yang tepat. Ketika malam tiba, anda bisa menggunakan cahaya lampu sebagai penerangnya. Pilih jenis lampu yang bisa diatur tingkat cahayanya.

Tags: desain perpustakaan rumah

Sponsored Links

  • SHARE!

Related Posts

Leave a Reply