Desain
May24

Desain Kamar Tidur Anak Ukuran Kecil

Sponsored Links

desain-kamar-anak-ukuran-kecil.jpg

Ketika Anda hendak membangun desain kamar tidur anak ukuran kecil yang nyaman. Terdapat faktor-faktor tertentu yang patut dipertimbangkan. Masalah ukuran besar kecil ruangan, tentunya dibutuhkan daya imajinasi untuk mengubahnya menjadi kamar yang menarik. Karena itulah, mari kita ciptakan desain bersama-sama.

Ada saat dimana anak harus memulai untuk menempati kamar tidurnya sendiri. Sebuah kamar tidur yang kelak akan menjadi bagian dari kehidupannya. Beberapa anak mungkin akan enggan untuk melakukan hal ini. Terutama bagi anak perempuan, biasanya akan mengalami ketakutan di awal-awal.

Sudah sepantasnya, sebagai orang tua, kita harus mempersiapkan keadaan ini. Meskipun kenyataan rumah yang dimiliki termasuk ke dalam tipe rumah mungil, Anda masih bisa membangun kamar baru untuknya. Berikut ini beberapa ide desain membangun kamar tidur kecil untuk buah hati :

1. Membuat sketsa

Kamar anak biasanya terletak di samping kamar utama. Dikatakan memiliki ukuran kecil apabila luasnya kurang dari 3×3 meter. Yang pertama Anda lakukan adalah membuat sketsa fisik desain kamar anak ukuran kecil secara umum. Maksudnya adalah bagaimana peletakan ranjang serta apa saja yang akan menghiasi suasana ruangan kamar. Selain itu, pastikan juga kamar buah hati mempunyai aliran udara lancar dan pencahayaan yang cukup.

2. Menentukan warna cat dinding

Desain kamar anak ukuran kecil bisa dihiasi dengan warna ceria. Cukup gunakan satu warna sebagai dasarnya. Sedangkan untuk menghilangkan kesan monoton dan sebagai bentuk harmonisasi warna, bisa diwujudkan dengan menambah barang satu dua hiasan dinding. Beberapa warna yang sesuai untuk kamar anak, bisa Anda temukan di sini.

3. Menentukan desain ranjang tidur

Ranjang merupakan aksen utama di kamar tidur. Ranjang untuk kamar berukuran kecil diletakkan menempel pada dinding. Hal ini agar tercipta beban yang terpusat di dalam kamar, sehingga memungkinkan ruang gerak lebih luas. Untuk model ranjangnya, sebaiknya memilih yang berdesain minimalis dan sederhana. Motif sprei dan sarung bantal bisa dipilih yang memiliki karakter yang sesuai untuk anak-anak.

4. Mendesain ruang belajar mini

Adalah sebuah pilihan apakah Anda ingin menempatkan set meja belajar di dalam kamar anak atau memisahkannya di ruangan tersendiri. Set meja belajar bisa dibuat dengan desain furnitur built-in yang artinya Anda bisa mendesainnya sendiri kemudian menyerahkan hasil desain ke pengusaha mebel untuk dibuatkan bentuk seperti itu. Jika Anda memiliki banyak waktu, jangan sungkan untuk mengunjungi pameran furnitur untuk mendapatkan desain set meja belajar yang sesuai dengan keinginan.

5. Menghias kamar anak

Hiasan di dalam kamar anak digunakan untuk menambah nilai kualitas desain. Jangan sampai terlalu banyak hiasan yang digunakan, sehingga malah akan semakin mempersempit ruangan. Dalam menghias desain kamar anak ukuran kecil bisa dimainkan mulai dari sisi dinding, lantai, dan jendela. Cobalah untuk menggunakan warna yang cerah dan bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Sebagai contoh adalah cermin berukuran besar, tanaman bunga, kerang-kerangan, serta gorden berwarna terang.

Terdapat beberapa barang yang sebaiknya tidak ada di dalam kamar anak ukuran kecil. Barang-barang tersebut antara lain lemari pakaian yang bisa disatukan dengan lemari utama, perangkat elektronik agar anak tidak selalu berada di dalam kamar, serta mainan usahakan diletakkan di tempat khusus untuk bermain bukan di kamar. Dengan demikian selain Anda berhasil menciptakan desain kamar anak ukuran kecil yang nyaman, pertumbuhan fisik dan psikologi anak pun akan ideal sebab Anda telah menyediakan ruangan pribadi yang sehat untuk perkembangannya.

Tags: kamar tidur

Sponsored Links

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts

Leave a Reply