Desain
Jul15

Yuk, Menata Desain Interior Apartemen!

desain-interior-apartemen.jpg

Jika kita Berbicara mengenai interior apartemen, tentu kita ingin memiliki interior yang nyaman dan tidak membosankan. Salah satu jalan untuk mewujudkan keinginan ini yaitu dengan mendesainnya ulang. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan pihak manajemen apartemen terlebih dahulu untuk memastikan bahwa hal ini diperbolehkan.

Berikut ini langkah-langkah sederhana dalam mendesain ruangan di apartemen :

Memilih Konsep Desain

Menentukan konsep interior yang akan diusung merupakan langkah pertama untuk memulai menata interior apartemen. Pilih dekorasi apartemen yang sedang populer akhir-akhir ini, seperti gaya Asia, Mediterania serta beberapa gaya kontemporer lainnya. Untuk menghasilkan konsep desain yang sempurna, perhatikan juga pemilihan dan pengaturan dekorasi ruangan berdasarkan fengshui.

Furnitur Apartemen

Langkah selanjutnya memilih furnitur yang akan digunakan. Perlu diingat bahwa saat Anda memilih furnitur juga perlu disesuaikan dengan konsep desain yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk interior yang perlu dipermanis adalah ruang tamu, ruang makan dan kamar tidur. Penggunaan sofa berwarna netral di ruang tamu sangat tepat agar tamu merasa nyaman. Hindari menambahkan furnitur dengan fungsi serupa seperti sofa, kursi empuk dan kursi malas. Anda cukup memilih salah satu dari jenis kursi tersebut.

Adapun untuk kamar tidur apartemen biasanya dihiasi dengan tempat tidur, lemari dan meja. Sedangkan untuk ruang makan cukup dilengkapi dengan meja makan saja. Penambahan kabinet dilakukan jika ruangan masih terasa longgar. Atur penempatan furnitur ini sedemikian rupa agar tidak berantakan serta membuat suasana nyaman dan melancarkan aliran energi di dalam apartemen.

Warna Apartemen

Jika manajemen apartemen memperbolehkan Anda untuk mengecat ulang dinding ruangan, Anda bisa menggunakan warna favorit sebagai pilihan. Seperti kita ketahui, warna mampu mempengaruhi perasaan tertentu kepada orang yang melihatnya. Pilih warna cerah, seperti hijau atau krem, agar suasana interior terlihat lebih luas. Penggunaan warna gelap cukup sebagai aksen ruangan seperti di sekitar meja ruang keluarga dan dinding sandaran tempat tidur. Dengan memadukan warna cerah dan gelap, ruangan akan terlihat harmonis.

Menambah Dekorasi Ruangan

Langkah terakhir sebagai penyempurnanya, Anda bisa menambahkan aksesoris sebagai dekorasi ruangan. Cobalah bermain pada gorden dan karpet. Diperlukan teknik yang tepat saat Anda ingin menggantung hiasan dinding agar permukaannya tidak rusak. Selain itu, warna juga bisa dijadikan sebagai aksesoris ruangan. Sebagai contoh, apabila Anda memilih ruang tamu dengan warna netral, maka Anda bisa mempercantiknya dengan menambahkan bantal berwarna-warni. Contoh lainnya adalah penggunaan bantal hias berukuran besar pada interior bergaya Mediterania. Sedangkan untuk gorden dan karpet bisa Anda sesuaikan dengan warna-warna benda yang ada di sekitarnya.

Pada saat Anda menggunakan hiasan dinding dan lantai seperti cermin, bingkai foto, meja dan tempat lilin, Anda perlu menyesuaikan warnanya terlebih dahulu agar sesuai dengan warna cat dinding. Sementara itu, untuk ruangan yang didominasi oleh warna-warna terang, tambahkan warna coklat untuk mengikatnya. Namun, jika Anda menggunakan warna hangat seperti merah, biru dan ungu, Anda bisa membuatnya lebih dramatis dengan bantuan warna yang lebih gelap seperti coklat kayu dan hitam. Pastikan juga bahwa pada saat menambahkan hiasan dinding, Anda tidak mengacaukan tampilannya dengan menambahkan aksesoris yang tidak perlu. Ingat, saat Anda merencanakan desain interior apartemen, sejatinya Anda juga sedang menciptakan lingkungan hidup yang nyaman untuk Anda sekeluarga.