Desain
Jul12

Desain Dapur Minimalis, Begini Cara Menatanya

desain-dapur-kecil-minimalis.jpg

Bagaimana cara membuat desain dapur rumah minimalis? Di kehidupan saat ini, kebanyakan rumah-rumah yang ada memiliki dapur berukuran kecil. Selain karena ukuran tanah yang menuntut demikian, dapur kecil juga menjadi salah satu ciri khas rumah modern. Di mana masyarakatnya jarang menghabiskan waktu bercengkrama di ruangan ini.

Contoh desain yang cocok diterapkan di dapur berukuran kecil adalah desain minimalis modern. Secara umum, desain ini memadukan peralatan dapur berteknologi tinggi, motif garis lurus, serta warna-warna netral. Penggunaan ketiga unsur ini akan melahirkan suasana dapur yang beraroma minimalis.

Namun, sebelum Anda menerapkan unsur-unsur minimalis ini ke dapur rumah, Anda perlu memahami bahwa desain ini tidak cocok diterapkan di semua rumah. Terutama jika rumah Anda dihuni oleh keluarga besar dan terdiri dari banyak orang. Keluarga besar rentan dengan barang-barang yang berantakan. Sehingga akan sulit jika Anda harus mengatur semua orang untuk menjaga desain dapur dan tidak mengacaukan isinya. Inilah sebabnya mengapa desain ini cocok diterapkan pada keluarga kecil yang tidak terlalu sering memasak.

Langkah-langkah Pembuatan Desain Dapur Minimalis :

Secara umum, desain dapur minimalis memerlukan peralatan dapur berteknologi tinggi agar kesan modernnya bisa muncul. Sebagai contoh, Anda bisa meletakkan berbagai peralatan dapur elektronik seperti oven, kulkas, dan mesin cuci piring yang ditempatkan ke dalam furnitur yang dibuat khusus. Fungsinya agar peralatan elektronik ini tidak berdiri sendiri akibat desain yang dimilikinya dan mampu menyatu dengan sekelilingnya. Selain itu, pemanfaatan ruangan pun harus dimaksimalkan. Seperti meja wastafel yang bisa berfungsi sebagai meja makan atau meja untuk memotong bahan-bahan makanan.

Selanjutnya Anda bisa menaruh kursi di salah satu sudut ruangan apabila diperlukan. Fungsi kursi ini tentunya sebagai tempat duduk ketika Anda menunggu makanan matang atau ketika mengobrol dengan keluarga yang lain. Adapun yang perlu diperhatikan dalam memilih kursi minimalis adalah kursi tanpa sandaran dan terbuat dari baja yang kokoh. Warna kursi juga dipilih yang dominan karena nantinya kursi ini akan menjadi fokus ruangan.

Langkah selanjutnya adalah pemilihan warna cat dinding. Seperti yang pernah kami jelaskan sebelumnya, putih dan hitam merupakan khas warna desain minimalis. Tetapi Anda tidak harus melukis seluruh dinding dapur dengan kedua jenis warna ini. Gunakan warna putih dan hitam sebagai aksen ruangan, sementara warna dominan Anda bisa memilih warna lainnya. Sebagai contoh warna merah tua agar terlihat hangat dan warna biru agar ruangan terkesan luas.

Bagaimanapun dalam menciptakan desain minimalis, Anda perlu mempertimbangkan antara tampilan dapur dengan fungsi dan kenyamanannya. Apabila terjadi ketimpangan, maka sudah pasti desain yang telah Anda buat bisa dikatakan gagal. Selamat berkreasi dengan dapur rumah Anda.

Tags: dapur

  • SHARE!

Related Posts