Desain
Jul12

Bagaimana Cara Mendesain Dapur Mungil?

desain-dapur-mungil.jpg

Ingin membangun desain dapur mungil yang cantik di rumah Anda? Mendesain dapur berukuran kecil memang memerlukan kemampuan untuk menyatukan fungsi dan tampilan dapur secara apik. Apabila Anda menemukan kesulitan saat mendesain dapur di rumah Anda. Cobalah beberapa tips berikut ini :

1. Tata Semua Peralatan Memasak dengan Rapi

Salah satu fungsi dapur selain sebagai tempat memasak adalah tempat untuk meletakkan peralatan memasak. Baik itu wajan, panci, piring, dan sebagainya diletakkan di ruangan ini. Jika barang-barang ini tidak diatur dengan rapi, dibiarkan menggantung seadanya, maka akan menimbulkan kesan dapur berantakan. Akibatnya desain dapur Anda terlihat sangat kacau. Solusinya adalah dengan menyimpan barang-barang ini di salah satu sudut ruangan. Pilih wajan berukuran besar daripada wajan kecil dalam jumlah banyak.

2. Sediakan Ruang Gerak yang Cukup

Saat Anda menata ruang dapur, jangan lupa untuk menyediakan ruang gerak yang cukup di sana. Hindari menutup semua bagian tepi dinding dengan kabinet. Nantinya, ruang gerak yang tersisa ini bisa dijadikan sebagai tempat pintu kulkas saat dibuka atau Anda bisa meletakkan kursi di sana sebagai tempat mengobrol saat memasak.

3. Manfaatkan Material Kaca

Kaca sangat berguna untuk menciptakan kesan luas di dapur mungil. Anda bisa mencoba meletakkan lemari dengan pintu dari kaca. Bisa juga mengganti pintu dapur dengan kaca yang buram agar suasana terbuka kian bertambah.

4. Pemilihan Rak

Sama seperti lemari maupun kabinet, fungsi rak ini sebagai tempat menyimpan alat-alat di dapur. Rak diperlukan agar tatanan di dalam kabinet tidak mudah berantakan karena barang-barang yang sering diambil. Selain itu, rak juga mempunyai satu kelebihan yang tidak bisa ditemukan di lemari maupun kabinet, yaitu bentuknya yang terbuka memungkinkan cahaya bisa menyinarinya dari berbagai arah. Sayangnya, kebanyakan bentuk rak ini bisa mengacaukan desain dapur yang telah Anda ciptakan. Oleh karena itu, pastikan rak berada di sudut yang tepat. Agar semakin manis, Anda bisa menaruh deretan piring putih bermotif bunga di atasnya dan beberapa cangkir kopi menggantung ke bawah.

5. Menghias Lantai Dapur

Lantai berperan penting dalam penciptaan suasana dapur. Selain penggunaan keramik yang sesuai, Anda bisa mempercantik tampilannya dengan karpet. Pilih karpet berwarna cerah dan ukuran sesuai ruang gerak yang tersisa.

6. Maksimalkan Cahaya Alami

Pencahayaan merupakan unsur desain yang harus diperhatikan saat menata dapur kecil. Cahaya alami mampu memberikan aroma fresh di ruangan kecil. Buat sinar matahari bisa lebih banyak masuk ke dalam ruangan dengan membuat ventilasi yang terbuka.

Perlu Anda pahami bahwa antara dapur berukuran kecil dengan yang berukuran besar masing-masing memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Adapun kelebihan yang bisa kita jumpai di dapur berukuran kecil adalah ke-efektifitasan-nya. Bayangkan saja, Anda tidak perlu berjalan jauh hanya untuk mengambil garam. Selain itu, dapur kecil juga lebih hemat biaya. Sebab, ruangan dapur hanya memerlukan sedikit furnitur untuk menyeimbangkan seluruh ruangan.

Tags: dapur
  • SHARE!

Related Posts