Desain
Jul9

6 Langkah Mendesain Kamar Tidur Ukuran Kecil

desain-kamar-tidur-ukuran-kecil.jpg

Bagaimana cara menata desain kamar tidur ukuran kecil? Memiliki ruang mungil bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan suasana kamar tidur yang diidamkan. Tips berikut ini bisa Anda jadikan pedoman dalam memaksimalkan fungsi dari setiap sudut ruangan kamar :

#1. Kenali Luas Kamar Tidur

Sebelum Anda mendekorasi kamar tidur, cobalah untuk mengenali lebih dalam seberapa luas kamar tidur Anda, bagaimana bentuk ruangan, dan bagaimana suasananya saat tidak ada furnitur di dalamnya. Perhatikan tata letak pintu dan jendela serta dimensi ruang secara keseluruhan

Buatlah sketsa desain yang memuat tata letak furnitur yang akan digunakan. Dengan langkah ini, Anda akan lebih mudah membayangkan gambaran layout kamar sehingga isi kamar nanti bisa diseimbangankan. Pastikan Anda mengaturnya sekreatif mungkin. Misalnya dalam penempatan tempat tidur, untuk kamar kecil tempat tidur bisa diletakkan di dekat jendela sehingga akan menyisakan ruang gerak yang lebih luas.

#2. Pemilihan Furnitur

Keseimbangan antara furnitur dengan ruangan merupakan landasan utama dalam pemilihan furnitur untuk kamar tidur mungil. Furnitur yang “terbuka”, seperti ranjang yang ramping atau tempat tidur dengan ruang kosong di bawahnya, akan memudahkan sinar matahari dan udara masuk ke dalam rumah.

Anda juga bisa memanfaatkan ruangan kosong yang ada di dinding dengan menghiasinya menggunakan furnitur yang bisa dipasang secara menggantung. Pilih salah satu item antara lemari atau meja kursi, meskipun kedua furnitur ini mempunyai kegunaan yang bisa dimaksimalkan, Anda cukup memilih salah satu saja agar luas ruangan tetap terjaga.

#3. Tips Memilih Furnitur yang Multifungsi

Cobalah untuk menyeleksi sekali lagi pilihan furnitur yang sudah terkumpul. Pastikan furnitur tersebut berfungsi secara maksimal dan keberadaannya cukup dibutuhkan di kamar tidur. Pilih furnitur yang tidak terlalu memakan ruang, seperti meja yang bisa di-slide ke dalam lemari atau meja dengan hanya satu kaki. Selain itu, kursi dengan sandaran tinggi juga bagus jika ditempatkan di kamar sebab kursi seperti ini mampu menyembunyikan garis perpotongan antar dinding. Pilihan lainnya adalah Anda bisa memanfaatkan ruangan di bawah tempat tidur sebagai lemari dengan memasang beberapa laci menarik di sana.

#4. Dekorasi Kamar Tidur

Setelah Anda mempunyai gambaran tentang desain kamar tidur yang akan Anda buat. Kini saatnya Anda memilih warna, tekstur, dan unsur pendukung dekorasi lainnya. Warna ringan bisa digunakan untuk menciptakan suasana ruangan yang santai dan tidak kaku. Sebaliknya, warna-warna dengan motif bunga atau kayu berfungsi untuk menambah dimensi suatu ruangan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dalam penempatan warna dan bentuk. Daripada menempatkan hiasan secara acak di seluruh ruangan lebih baik Anda menempatkannya secara berkelompok. Contohnya dalam menata letak hiasan berukuran kecil, tempatkan beberapa hiasan ini dalam satu tempat sehingga tampak seperti mozaik dan bisa bercerita. Sementara itu untuk hiasan dinding yang berukuran besar, Anda bisa menambahkan bingkai tipis sederhana sehingga hiasan ini tidak terlalu mendominasi desain ruangan.

#5. Pemilihan Warna Ruangan

Apakah Anda ingin warna kamar dengan skema monokromatik atau lebih suka yang multi-color? Menggunakan beberapa warna yang saling turun-menurun merupakan salah satu ide bagus dalam menata pewarnaan di kamar tidur kecil. Dengan cari ini, Anda bisa menciptakan ritme visual dan menarik penglihatan mata untuk mengikuti warna di seluruh sudut ruangan.

Apabila Anda ingin menggunakan warna berabeda dan cenderung kontras dengan warna dasar, cukup goreskan warna ini dalam garis kecil saja. Misalnya saja, warna coklat tua atau motif kayu yang memotong dinding ruangan akan membantu menciptakan dekorasi yang cantik pada kamar tidur dengan warna dasar coklat muda. Warna coklat monokrom akan menjadi hidup berkat adanya variasi dalam intensitas skema warna.

Permainan warna juga bisa dilakukan pada area tempat tidur. Anda bisa menggunakan sarung bantal dengan motif bunga anggrek dan garis-garis yang akan membantu menghidupkan warna furnitur ranjang tidur dari kayu.

#6. Pemilihan Tekstur

Di kamar tidur yang kecil, keberadaan furnitur yang besar akan mempersempit ruangan. Untuk mengatasinya Anda bisa memilih furnitur besar dengan jenis tekstur yang tepat. Caranya adalah melalui kombinasi antara ukuran dengan tekstur.

Tags: desain kamar tidur kamar tidur kamar tidur kecil
  • SHARE!

Related Posts