Desain
Aug20

Ciri-ciri Bentuk Rumah Minimalis

bentuk-rumah-minimalis.jpg

Bentuk rumah minimalis tidak harus kotak persegi empat. Ada berbagai bentuk menarik lainnya yang bisa anda coba untuk mendapatkan tampilan rumah yang lebih unik. Pertahankan kekhasan geometris rumah dan kesederhanaan tampilannya agar suasana minimalis bisa didapatkan.

Seperti yang kita ketahui bentuk rumah minimalis memiliki perbedaan dengan bentuk rumah lainnya. Perbedaan ini bisa kita ambil sebagai ciri-ciri atau kekhasan dari sifat minimalis. Jadi, jika suatu saat kita melihat suatu rumah yang berciri-ciri seperti ini, maka dengan mudah kita bisa menyebutnya sebagai rumah minimalis. Selain itu, pengenalan ini juga akan mempermudah kita dalam merancang dan membangunnya.

Berikut ini ciri-ciri bentuk rumah minimalis selengkapnya :

  • Bentuk Geometris : Seperti yang sudah disebutkan di atas, ciri-ciri utama rumah minimalis adalah bentuk geometrisnya yang tegas. Biasanya bentuk geometrik yang paling dominan adalah persegi, termasuk bentuk aksen-aksennya. Ada kalanya ditambahkan sudut melengkung di beberapa bagian agar rumah tidak terlalu kaku.
  • Suasana Terbuka : Bentuk minimalis identik dengan pembangunan jendela dalam jumlah banyak. Bentuk jendelanya pun lebih lebar sehingga mampu memaksimalkan cahaya matahari dan udara yang akan masuk ke dalam rumah. Perancangan seperti ini bertujuan agar tercipta perpaduan yang apik antara interior dan eksterior rumah. Sehingga suasana di dalam rumah terasa lebih terbuka karena telah bersatu dengan lingkungan luar.
  • Kesederhanaan : Disebut minimalis karena bentuknya yang sederhana tapi nyentrik. Kesederhanaan rumah minimalis bisa dilihat dari tampilannya yang nyaris tanpa ornamen-ornamen yang rumit. Faktor fungsi juga lebih diperhatikan daripada faktor estetika.
  • Warna Khas : Sebagaimana rumah lainnya, rumah minimalis mempunyai warna-warna yang khas. Umumnya warna yang digunakan ini bersifat netral, modern, dan nyaman dilihat. Kombinasi warna yang digunakan maksimal sebanyak tiga macam dan dipadukan secara harmonis. Kami pernah membahas bab ini di sini.
  • Interior Luas : Interior luas yang dimaksud adalah keberhasilan kita dalam menciptakan interior rumah yang berkesan luas meskipun sebenarnya ukuran ruangan yang dimiliki itu sempit. Banyak sekali cara untuk menciptakan hal ini. Salah satu cara yang klise adalah dengan menggunakan furnitur seminim mungkin.
  • Taman Minimalis : Kehadiran taman tidak bisa dilepaskan dari penciptaan rumah minimalis. Taman yang umum dibuat biasanya tertata rapi dengan tanaman-tanaman khas minimalis. Untuk ide selengkapnya bisa Anda baca di sini.