Desain
May5

Inspirasi Desain Kamar Tidur Sempit

cara-mendesain-kamar-tidur.jpg

Prinsip dasar dalam mendesai kamar tidur adalah suasananya harus mencerminkan dengan kepribadian yang Anda miliki. Sehingga menjadikan ruangan ini sebagai ruangan paling nyaman, tidak memandang ukurannya. Beberapa ide sederhana seperti mengecat dinding, memilih lantai, serta menambahkan furnitur built-in akan membuat kamar lebih santai.

Kamar tidur merupakan ruangan yang bersifat pribadi. Ini merupakan ruangan dimana Anda bisa merasakan diri Anda secara utuh serta melupakan semua permasalahan yang telah terjadi. Inilah alasannya mengapa kamar Anda harus mampu merefleksikan karakter pribadi pemiliknya. Akan tetapi, untuk menciptakan karakter pada kamar tidur, bisa menjadi tantangan besar bagi kamar ukuran kecil, khususnya jika Anda merupakan tipe orang yang senang menambahkan berbagai barang untuk menciptakan suasana yang nyaman. Bagaimanapun kamar tidur adalah tempat yang nyaman untuk bersantai. Dan dengan beberapa tips sederhana, Anda bisa memainkan sentuhan desain kesenangan Anda ke dalam kamar mungil tanpa membuatnya semakin sempit.

1. Ciptakan suasana yang unik

Kamar Anda akan terlihat lebih sempit apabila terdapat banyak barang di dalamnya. Jika Anda tinggal di kamar tidur berukuran kecil, hal pertama yang harus Anda pahami adalah bahwa SEDIKIT ITU LEBIH. Maksudnya penggunaan perabotan yang semakin sedikit akan menghasilkan lebih banyak ruang gerak. Jika Anda tidak terlalu banyak memakan ruangan, maka Anda akan memiliki ruang yang tersisa. Untuk menciptakan desain kamar yang nyaman dan mewujudkannya ke dalam ruangan kecil, Anda bisa memulai mendesainnya dari sisi lantai.

2. Gunakan furnitur sesuai ukuran kamar

Kebanyakan kamar tidur menggunakan ranjang yang didesain sesuai ukuran standarnya. Jika Anda merupakan salah satu yang menggunakan ranjang berukuran besar, inilah saat yang tepat untuk membeli ranjang yang baru. Pilih ranjang yang lebih sesuai dengan ukuran kamar, misalnya tipe queen size. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan beberapa furnitur yang harmonis. Sebagai contoh kursi, lampu berdiri, dan lemari sebaiknya lebih kecil agar terlihat bagus. Untuk konsep kamar tradisional, karena sering menggunakan garis-garis lurus. Jika Anda suka dengan furnitur klasik, menggunakan ranjang dengan kayu besi yang berat bukan ide yang bagus. Akan lebih menarik, apabila Anda menggunakan ranjang dengan warna yang bercahaya.

3. Kreatif dalam menciptakan ruang penyimpanan

Tempat penyimpanan merupakan salah satu fungsi kamar. Kecil atau besar, kamar perlu disediakan tempat tersendiri untuk menyimpan barang-barang pribadi. Meskipun begitu, menutupi seluruh dinding kamar dengan kabinet atau lemari dinding bukanlah ide yang tepat. Kabinet tidak hanya memakan ruang di dinding, tetapi ruang lantai juga, sehingga akan membuat kamar terlihat semakin sempit. Sebaliknya memilih rak-rak kecil akan terlihat bagus dan menambah keindahan. Hias lemari dinding dengan gantungan tas dan lemari terpisah khusus untuk sepatu. Bisa juga dengan memasang lemari berkaca untuk memberikan suasana ruangan lebih luas. Belilah ranjang yang ada tempat penyimpanan barang di bawahnya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyediakan tempat penyimpanan baju dan buku-buku.

4. Manfaatkan dinding

Ketika Anda memiliki kamar yang sempit, penting bagi Anda untuk menciptakan ruang gerak yang lebih lega. Artinya Anda harus lebih kreatif dalam menggunakan sisi dinding kamar. Tempatkan buku-buku dan karet dengan rapi. Hindari meletakkan lemari baju di dalam kamar, melainkan gunakan rak-rak untuk meletakkan barang-barang kesayangan Anda. Anda bisa meminta bantuan jasa mebel untuk membuatkan bentuk rak yang menarik.

5. Pencahayaan

Berilah perhatian yang lebih untuk menata cahaya kamar. Dengan menciptakan daerah yang bercahaya di atas kamar, Anda bisa membuat kesan ruang lebih luas. Gantung lampu di tempat yang bisa menerangi seluruh ruangan kamar. Pastikan Anda menggunakan lampu dengan tingkat cahaya yang sesuai. Caranya adalah dengan memperhatikan jarak lampu dan ukuran ruangan.