Desain
Jul8

Cara Mengecat Styrofoam dengan Benar

Kali ini kami akan berbagai panduan dasar dalam mengecat styrofoam. Pewarnaan merupakan tahap akhir untuk menyempurnakan hasil kreasi styrofoam yang telah kita buat.  Tujuannya untuk memperindah tampilan styrofoam tersebut dengan memberikan nyawa. Sebagus apapun kerajinan dari styrofoam yang Anda buat akan terlihat monoton dan kusam kalau tidak diwarnai.

Cuma masalahnya Anda tidak boleh menggunakan sembarang produk cat untuk mewarnai styrofoam. Sebab jenis cat tertentu justru akan merusak atau melelehkan struktur styrofoam yang dikenainya. Hindari memakai cat-cat yang mengandung alkohol, thinner, bensin, dan bahan keras lainnya. Kami sarankan pakailah cat tembok, cat air, cat poster, serta cat-cat yang berbasis air.

cara-mengecat-styrofoam.jpg

Adapun proses pengecatan permukaan styrofoam dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut!

Langkah I. Haluskan Permukaan Styrofoam

Kami anggap Anda sudah membuat styrofoam dengan bentuk sesuai keinginan. Lalu sekarang tiba waktunya untuk memberikan finishing berupa pewarnaan dengan cat. Mulailah dengan menghaluskan permukaan styrofoam terlebih dahulu menggunakan ampelas yang ukurannya paling kecil. Gosoklah styrofoam memakai ampelas agar teksturnya tidak terlalu licin sehingga dapat menyerap cat dengan baik. Berikan perhatian lebih pada bagian sudut dan potongan styrofoam yang biasanya bertekstur kasar.

Langkah II. Mewarnai Styrofoam dengan Cat

Sama seperti pada saat kita mengecat dinding, agar hasilnya bagus, dibutuhkan pengecatan minimal sebanyak dua lapisan. Lapisan pertama sebagai cat dasar dan lapisan kedua sebagai cat pewarna. Kami sarankan pakailah cat dasar yang berwarna putih untuk menutupi pori-pori styrofoam. Setelah itu, angin-anginkan styrofoam yang baru dicat tadi hingga kering. Barulah kemudian Anda bisa mengaplikasikan cat pewarna sesuka hati. Dalam menjemur styrofoam yang baru dicat sebaiknya jangan langsung di bawah terik matahari sebab akan memberikan efek retak-retak pada lapisan cat.

Langkah III. Khusus Warna Emas dan Perak

Apabila Anda ingin mengecat styrofoam dengan warna emas atau perak, penggunaan cat saja tidak cukup untuk membuat kreasi yang dibuat terlihat bagus. Dibutuhkan suatu aksen yang mampu menyulap permukaan styrofoam menjadi berkilau. Anda memerlukan lem perekat khusus dari bahan adhesive serta lembaran prada emas/perak (gold/silver leaf roll). Caranya setelah styrofoam diberi lapisan cat dasar, oleskan lem perekat ke permukaan styrofoam tadi secara merata. Lalu styrofoam diangin-anginkan beberapa saat agar lapisan lemnya mengering. Langkah selanjutnya Anda tinggal menempelkan atau menggosokkan lembaran prada ke styrofoam hingga seluruh permukaannya tertutup prada emas/perak.