Desain
Aug14

Cara Mendekorasi Ruang Keluarga agar Lebih Luas

Cara yang paling sering dilakukan untuk membuat ruang keluarga tampak lebih luas adalah dengan mendekorasinya. Cara ini memungkinkan Anda mendapatkan sebuah ruangan yang nyaman, yang sesuai dengan kehidupan di rumah tanpa perlu memperluas dan merenovasi ulang. Cuma kendalanya, diperlukan suatu imajinasi yang kuat agar usaha yang dilakukan bisa membuahkan hasil.

cara-mendekorasi-ruang-keluarga-lebih-luas.jpg

Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia mulai menyadari pentingnya keberadaan ruang keluarga di dalam sebuah tempat tinggal. Malahan banyak yang menjadikan ruangan ini sebagai ruangan utama. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di sini, seperti bercanda, menonton tv, bermain dengan anak, dan lain-lain. Bahkan tidak jarang, orang menerima tamunya di sini sehingga tercipta rasa kekeluargaan dan keakraban yang lebih tinggi.

Mengingat harga rumah yang semakin mahal, orang lebih banyak yang membeli rumah berukuran mungil. Rumah ini cenderung pas dengan kebutuhan hidup keluarga di dalam rumah. Karena ukurannya inilah, diperlukan kreatifitas untuk menatanya agar terlihat lebih luas.

Di bawah ini sejumlah tips mengatur dekorasi ruang keluarga dari arafuru.com :

a). Pengolahan skema warna secara tepat bisa menjadi langkah awal yang harus Anda lakukan. Meskipun warna gelap untuk saat ini sedang trendi, ada baiknya Anda menghindarinya. Warna gelap dapat mengakibatkan ruangan terasa sempit. Sebaliknya warna terang mampu melapangkan penglihatan. Cobalah warna terang selain putih dan krem sebagai dominasi ruangan agar terlihat lebih stylish.

b). Tren lainnya adalah memasukkan furnitur ukuran besar sebagai pelengkap dan pendukung fungsi ruangan. Furnitur seperti ini tidak cocok digunakan di ruang keluarga yang ingin dibuat lebih besar. Pilih ukuran furnitur yang pas, kalau bisa furnitur build in. Selain itu, furnitur bergaya minimalis juga tepat.

c). Salah satu teknik dekorasi untuk membuat ruangan terlihat luas adalah dengan mengolah visualisasi lantai. Semakin banyak area lantai yang bisa terlihat, maka akan timbul suatu perasaan yang menganggap ruangan tersebut semakin luas. Dalam hal ini, Anda bisa bermain pada pemilihan kaki-kaki furnitur yang lebih ramping. Bisa juga dengan memilih furnitur berbahan kaca sehingga permukaannya bisa tembus pandang.

d). Jika terdapat gorden di ruang keluarga dengan ukuran yang lebar dan menjuntai, coba gantilah. Gorden seperti ini memang berfungsi bagus dalam melindungi rumah dari cuaca di luar. Akan tetapi, penampakannya justru membuat ruangan terasa sempit. Pilih gorden berbahan tipis dan berukuran pas dengan jendela rumah. Warna dan motifnya juga sebaiknya yang lebih fresh.

e). Di mana-mana pembuatan titik fokus ruangan bertujuan agar penglihatan mata bisa tertuju ke sana. Fungsinya agar seseorang bisa merasa fokus dengan suasana di dalamnya. Begitupun jika Anda ingin mendekorasi ruang keluarga, jangan lupa untuk membuatkan sebuah titik fokus yang harmonis. Entah itu berupa cermin, lukisan, foto, maupun perangkat elektronik.

f). Unsur terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah memanfaatkan pencahayaan di ruangan. Cahaya alami bisa membuat ruangan terlihat terang dan terasa luas. Gunakan tips pencahayaan ini untuk mendapatkan inspirasi dan teknik pencahayaan yang tepat.