Desain
Jul17

Buat Ruang Tamu Kecil Anda Terasa Lebih Luas

desain-ruang-tamu-kecil.jpg

Kendala utama saat menata ruang berukuran kecil adalah ruangan tersebut dipenuhi oleh perabotan rumah tangga yang berjubel. Agar hal seperti ini tidak terjadi pada ruang tamu di rumah Anda, Anda harus berani mengeluarkan sejumlah barang sehingga ruangan menjadi lebih lapang.

Memang untuk bisa mendapatkan suasana nyaman ruang tamu yang sesuai keinginan, Anda perlu menata ulangnya secara keseluruhan. Tips-tips berikut ini akan membantu mempermudah Anda menciptakan dekorasi yang tepat secara efisien.

1. Pilihan Furnitur

  • Furnitur Berkaki Panjang
    Pilih furnitur dengan kaki panjang sebagai penghias ruang tamu. Kursi dengan bentuk seperti ini sangat bisa menciptakan kesan pada mata agar menganggap ruangan terasa lebih luas. Hal ini dikarenakan semakin banyak lantai yang bisa dilihat oleh mata maka semakin luas pula mata menganggap ruangan tersebut. Jadi sebisa mungkin hindari menambahkan furnitur dengan untaian kain yang panjang dan bisa menghalangi lantai di bawahnya.
  • Furnitur Transparan
    Cara lain untuk menciptakan kesan luas adalah memilih furnitur berbahan kaca transparan. Anda bisa mengaplikasikan bahan kaca ini untuk meja kopi atau furnitur apapun yang akan diletakkan di tengah-tengah ruangan. Bahan kaca yang transparan bisa ditembus oleh pandangan mata dan menganggapnya seolah tidak ada.
  • Furnitur Multifungsi
    Dekorasi yang tepat untuk ruang yang terbatas lainnya adalah furnitur multifungsi. Seperti namanya, furnitur jenis ini mempunyai kegunaan lebih dari satu sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan furnitur lain dengan fungsi yang sudah ada. Adapun untuk contoh furnitur jenis ini adalah meja dengan rak buku di bawahnya serta lemari yang memiliki jumlah laci yang banyak. Dengan begini barang-barang yang tidak terpakai pun bisa disembunyikan dengan mudah.

2. Pilihan Warna

Warna netral adalah latar tempat yang paling tepat sebab Anda bisa menghiasinya dengan berbagai warna tambahan secara bebas. Saran kami adalah gunakan jenis warna dingin agar ruangan terasa lebih lega. Beberapa contoh warna yang kami maksud adalah krem, pink muda, biru abu-abu, biru muda, dan hijau. Supaya ruang tamu tidak terasa begitu kaku, tambahkan lah karpet dan bantal hias untuk menambah kehangatan di ruangan.

Tips lain dalam pemilihan warna ruang tamu kecil adalah gunakan kombinasi warna kurang dari tiga macam. Gunakan warna-warna yang senada agar tampilan semakin cantik. Serta hindari jenis warna yang bertolak belakang, kontras, dan terlalu tajam.

3. Pilihan Media Penyimpanan

Tidak semua aksesoris bisa dimasukkan ke dalam keranjang yang cantik. Terkadang barang antik seperti patung dan lukisan perlu dipajang secara terbuka. Solusi untuk menempatkan barang-barang ini adalah menambahkan lemari built-in. Tambahkan lah rak atau lemari yang secara khusus dibuat untuk ruang tamu di rumah Anda. Begitu juga dengan LCD TV, sebaiknya ditempatkan menempel ke dinding. Dengan menyediakan media penyimpanan untuk meletakkan aksesori-aksesori ini, Anda bisa menyisakan ruang gerak yang lebih luas.

4. Pengaturan Pencahayaan

Pencahayaan adalah unsur yang paling penting dalam teknik dekorasi. Maksimalkan keberadaan cahaya alami dengan cara menyediakan jendela yang lebar. Anda bisa dengan mudah membuat ruangan terasa lebih luas hanya dengan membuka gorden yang menghiasinya.

Sayangnya, tidak semua ruang mungil bisa mempunyai jendela. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan sifat cermin dan logam yang memiliki permukaan yang mampu menangkap cahaya.

Sementara itu, sudut-sudut ruangan yang gelap bisa Anda atasi dengan memanfaatkan lampu lantai. Teknik mengecat dinding secara vertikal juga mampu memberikan kesan ruang luas pada orang yang melihatnya.