Cara Memburamkan Kaca dengan Mudah

Ada banyak kreasi yang dapat dilakukan menggunakan kaca. Salah satunya yaitu kreasi dengan memburamkan penampilan kaca tersebut. Yap, kaca sejatinya memiliki tampilan yang bening, jernih, dan transparan. Namun dengan trik-trik tertentu, penampilan kaca ini dapat diubah menjadi berwarna buram. Kurang lebih menyerupai kaca es. Kami yakin Anda pun pasti merasa tertarik untuk segera membuat sendiri kreasi kaca yang satu ini.

Sebenarnya mudah sekali untuk membuat tampilan kaca menjadi buram. Bahan utama yang Anda butuhkan hanyalah cairan etsa. Anda bisa membeli cairan etsa ini di toko kimia atau toko bangunan terdekat. Jika tertarik, Anda pun dapat membuatnya sendiri. Cara membuat cairan etsa yaitu Anda memerlukan 800 gram bubuk frosted glass dan 400-500 ml asam klorida (HCl).  Kami ingatkan sebelumnya bahwa Anda harus berhati-hati saat menggunakan bahan ini.

cara-memburamkan-kaca.jpg

Siapkan wadah yang terbuat dari bahan plastik. Di sini Anda tidak boleh memakai wadah dari bahan logam atau kaca karena bisa terkikis oleh bahan kimia. Masukkan bubuk frosted glass ke  dalam wadah plastik. Kemudian tuangkan cairan asam klorida (HCl) perlahan-lahan sembari terus diaduk agar tercampur rata. Seketika permukaan wadah pun menjadi berembun dan suhunya akan menurun drastis menjadi dingin seperti es yang menandakan reaksi kimia sedang terjadi.

Tunggu sejenak sampai suhu cairan etsa tersebut kembali normal, barulah kemudian Anda bisa menggunakannya untuk memburamkan kaca.

Alat dan Bahan :

  • Kaca
  • Cairan etsa
  • Kuas
  • Kertas koran
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Siapkan tempat yang akan menjadi area kerja Anda. Hamparkan beberapa lembar kertas koran sebagai alas kerja.
  2. Letakkan kaca yang akan diproses warnanya supaya menjadi buram di atas lembaran kertas koran. Taruh secara hati-hati.
  3. Aplikasikan cairan etsa di permukaan kaca secara merata menggunakan kuas. Lakukan dengan gerakan searah dan cukup satu kali polesan.
  4. Biarkan cairan etsa melapisi permukaan kaca selama 10-15 menit. Sifat asam pada cairan ini akan mengubah penampilan kaca menjadi buram permanen.
  5. Setelah itu, Anda bisa membilas kaca tadi memakai air bersih. Basuhlah seluruh bagian kaca menggunakan air sampai cairan etsanya hilang.
  6. Keringkan kaca tersebut dengan cara diangin-anginkan. Setelah kondisinya cukup kering, Anda bisa melihat kalau warnanya kini sudah berubah menjadi buram.

Kalau Anda menginginkan hasil yang lebih bagus lagi, silakan warnai kaca yang telah dibuat buram tersebut. Hal ini akan menciptakan kesan dramatis. Caranya mudah sekali kok. Anda hanya butuh cat yang cukup encer sehingga bisa melapisi permukaan kaca tanpa menghilangkan efek kilaunya. Campurkan cat sebanyak 10-15% ke dalam thinner, lalu aduk merata. Berikutnya oleskan cat ini ke permukaan kaca cukup satu kali lapisan saja. Setelah kering, maka penampilan kaca akan terlihat jelas yaitu buram dan berwarna.