Desain
Aug4

Cara Membuat Tulisan di Tembok dengan Cat

Bagaimana cara membuat tulisan di tembok dengan cat? Tipografi adalah seni yang memanfaatkan tulisan sebagai objek utamanya. Tulisan yang dipakai bermacam-macam seperti nama, kata mutiara, rumus, pencapaian, dan lain-lain. Huruf-huruf yang menyusun tulisan tadi dibuat dalam pola tertentu sehingga terlihat menarik. Anda juga bisa memainkan warna dan coraknya untuk semakin memperindah tulisan tersebut.

Tipografi dapat dibuat di mana saja. Anda bisa menggunakan media apapun untuk dihiasi dengan seni yang satu ini. Tidak harus kanvas atau kertas, membuat tipografi pun dapat dilakukan di atas permukaan tembok. Bahkan kreasi tulisan di tembok ini kini tengah menjadi tren loh di Indonesia. Cobalah melukis kata-kata mutiara di dinding kamar tidur anak untuk membuat buah hati Anda lebih termotivasi dalam belajar dan memperjuangkan masa depannya. Bisa juga tipografi ini dibuat di ruang tamu agar kelihatan eye-catching.

cara-membuat-tulisan-tembok.jpg

Anda bisa memanfaatkan cetakan huruf yang banyak dijual di pasaran sebagai alat pembentuknya. Kalau mau yang lebih murah, tinggal print out saja huruf-huruf yang sudah didesain menggunakan komputer sebagai cetakan. Khusus buat Anda yang percaya diri dengan hasil tulisan tangannya bisa langsung menulis di permukaan dinding. Tulisan tangan (hand writting) ini mempunyai nilai seni yang lebih tinggi daripada tulisan hasil cetakan. Kemudian faktor lain yang perlu diperhatikan ialah penggunaan cat dasar sebagai background dan cat aksen untuk mewarnai tulisan.

Biar lebih mudah, silakan Anda ikuti panduan dari Arafuru di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Cat tembok
  • Cat minyak
  • Thinner
  • Busa
  • Kuas
  • Cetakan huruf
  • Pensil
  • Penggaris
  • Meteran

Langkah-langkah :

  1. Siapkan cat tembok dan cat minyak dengan warna yang berbeda-beda. Cat pertama digunakan untuk mewarnai seluruh dinding sebagai latar atau background. Sedangkan cat kedua untuk mewarnai tulisannya. Pastikan kedua warna yang dipilih dapat berpadu dengan serasi dan harmonis. Warna tulisan harus dapat dilihat dari jarak yang jauh. Usahakan pula kedua warna tersebut mampu mewakili isi/makna tulisan yang dibuat.
  2. Bersihkan seluruh permukaan dinding secara merata. Apabila ada kerusakan pada dinding tersebut seperti retak atau lubang sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan cat tembok ke bidang dinding menggunakan kuas dan roller kalau perlu. Kemudian tunggu sekitar 5-8 jam agar lapisan cat mengering. Ingat, dinding yang akan menjadi background tulisan harus dicat baru supaya hasilnya tidak belang-belang.
  3. Tentukan posisi yang tepat di mana tulisan tipografi akan dibuat di atas permukaan tembok. Gunakan meteran untuk mengukur luas dinding yang tersedia, lalu hitung perbandingannya. Cara ini ditempuh untuk memastikan hasil tulisannya nanti tampak seimbang dengan dinding. Lalu buat garis-garis bantu memakai pensil agar pola tulisan yang dibuat nanti kelihatan lurus dan rapi. Barulah kemudian Anda bisa melukis sketsa desain hurufnya. Kalau tidak yakin dengan hasil tulisan Anda, jangan malu memakai cetakan huruf ya!
  4. Tuangkan cat minyak ke dalam wadah, kemudian tambahkan thinner secukupnya. Aduk terus sampai kedua bahan ini tercampur secara merata. Hasilnya berupa cat dengan tingkat kekentalan yang agak encer sehingga lebih mudah dipakai untuk melukis tipografi. Jangan pernah menggunakan cat minyak saja tanpa tambahan thinner karena volumenya terlalu kental. Akibat dari penggunaan cat yang terlalu kental ini adalah lapisan cat pun menjadi cepat kering sehingga permukaannya tidak rata. Namun Anda juga harus memastikan campuran cat minyak dengan thinner tadi tidak terlalu encer yang justru mengakibatkan catnya bisa meluber kemana-mana.
  5. Warnailah sketsa huruf yang telah dibuat tadi menggunakan campuran cat minyak dan thinner. Gunakan busa sebagai alat lukisnya untuk mewarnai sketsa huruf tersebut. Pemakaian busa/spons akan menghasilkan pewarnaan yang lebih rapi dan halus daripada kuas, meskipun juga lebih boros cat. Jika ada kesalahan saat mewarnai sketsa huruf ini, Anda bisa menghapusnya dengan menguaskan cat tembok di bagian yang salah. Silakan warnai seluruh sketsa huruf yang telah dibuat untuk menghasilkan tipografi di atas tembok yang menarik.