Desain
Jul10

7 Tips Mendesain Ruang Makan di Area Terbuka

desain-ruang-makan-terbuka.jpg

Desain ruang makan terbuka tidak hanya bisa dijumpai di rumah-rumah tempo dulu. Banyak rumah bergaya modern yang saat ini mempunyai ruang makan dengan gaya seperti ini, di mana dua atau lebih ruangan digabungkan menjadi satu ruangan. Meskipun gaya ini bisa menciptakan ruangan yang luas, tetapi ada beberapa kesulitan yang ditemukan dalam desain interior ini. Seperti misalnya dalam pembuatan furnishing, dekorasi interior ruangan, serta warna cat dinding yang digunakan agar antar ruangan bisa terlihat harmonis.

Jika Anda tertarik untuk memiliki ruang makan dengan konsep terbuka, di bawah ini ada 7 tips desain yang bisa Anda coba :

1. Perhatikan Ukuran Ruangan

Sebelum mulai mendesain ruang makan terbuka, Anda perlu mengukur luas ruangan terlebih dahulu. Dengan cara ini Anda akan lebih mudah dalam menentukan letak dan ukuran jendela, pintu, lemari, dan furnitur pendukung lainnya.

2. Pilih Furnitur Built-in

Buatlah sketsa di selembar kertas berisi gambar desain ruang makan sebelum menerapkannya ke ruangan. Salah satu cara untuk memaksimalkan penggunaan area di ruang makan adalah Anda bisa menggunakan furnitur jenis built-in. Buatlah gambar furnitur yang ingin Anda letakkan di sana. Usahakan gambar tersebut sedetail mungkin dan sebanding dengan ukuran aslinya.

3. Pembagian Ruangan

Langkah berikutnya adalah Anda bisa membagi ruangan menjadi beberapa bagian. Misalnya saja untuk bagian tengah ruang makan, Anda bisa menempatkan kursi dan meja makan. Sedangkan untuk sudut di samping pintu masuk digunakan untuk meletakkan perabotan makan. Dengan cara ini, furnitur yang ada tidak mengganggu pergerakan orang selama berada di rumah.

4. Posisi Furnitur

Setelah Anda membagi ruangan, sekarang lah saatnya menaruh meja dan kursi. Pilih kursi yang tanpa lengan sehingga tidak mengganggu ketika sedang makan bersama. Untuk memastikan penempatan semua furnitur sudah pas, cobalah berkeliling di ruangan ini.

5. Pemilihan Warna

Kumpulkan beberapa contoh desain ruang makan yang bagus. Perhatikan penggunaan warnanya. Ruang makan terbuka biasanya memakai warna-warna alami dan netral. Warna ini terlihat bagus saat digunakan untuk menyatukan beberapa ruangan.

6. Lukisan

Jangan lupa untuk memberikan hiasan di dinding Anda. Gantungkan lukisan yang mampu menciptakan kesan terbuka di ruang makan. Cobalah beberapa kombinasi warna untuk menghasilkan warna lukisan yang sesuai.

7. Karpet

Ide dekorasi yang terakhir adalah menempatkan karpet di ruangan. Pilih desain karpet yang sesuai dengan ruangan serta warna yang sesuai denga meja dan kursi. Tambahkan lampu dan aksesoris di langit-langit untuk memberikan kesan artistik di ruang makan.