Desain
Feb23

Cantiknya Rumah Panggung Bernuansa Modern!

Pernahkah anda memperhatikan struktur desain rumah panggung yang ada di Nusantara? Secara umum, rumah-rumah tersebut memanfaatkan kayu sebagai bahan material utamanya. Lain lagi dengan masyarakat yang tinggal di pesisir, karena hidup di atas air, mereka lebih memilih bambu yang tidak mudah lapuk untuk mendirikan rumah panggungnya.

rumah-panggung.jpg

desain-rumah-panggung.jpg

membuat-rumah-panggung.jpg

Rumah panggung merupakan rumah khas suku melayu. Mereka biasa tinggal di tepi sungai dan pantai dengan mata pencaharian utamanya adalah sebagai nelayan. Posisi lantai yang tinggi memungkinkan rumah tidak akan terendam air saat pasang naik maupun banjir. Sedangkan, pada rumah yang ada di atas tanah, masyarakat biasa menggunakan ruangan di bawahnya sebagai kandang hewan atau gudang penyimpanan.

Rumah panggung memiliki kesan tradisional yang sangat kuat. Hal inilah yang membuat bentuk rumah ini terlihat unik. Rumah akan terlihat sangat alami, bahkan mampu membawa angin pedesaan di sekitarnya.

Artikel kali ini adalah membahas tentang proses pembuatan rumah panggung yang memiliki citarasa modern, apa saja yang perlu diperhatikan?

Unsur Kayu yang Mendominasi Bangunan

Pada dasarnya, masyarakat tradisional biasanya menggunakan bambu sebagai kaki-kaki rumah untuk menyangga bangunan utama. Bambu dipilih karena lebih murah, relatif lebih kuat, tahan lama, dan tidak mudah lapuk dibandingkan dengan kayu. Namun untuk bangunan bergaya modern, bambu bisa diganti dengan jenis kayu balok dari jati dan pohon bertekstur “besi” lainnya. Pada bagian dinding dan lantai bangunan, sebaiknya juga tetap menggunakan kayu.

Pemilihan Bentuk Tangga Depan yang Unik

Jika diibaratkan, tangga depan bagaikan mahkotanya rumah panggung. Kenapa? Tangga ini berfungsi sebagai titik fokus pada sisi eksterior rumah. Ada 2 macam bentuk tangga yang biasa digunakan, yaitu tangga I dibangun pada posisi tengah bangunan dan tangga L/U pada sisi sudut bangunan.