Desain
Oct7

Begini Tips Merancang Desain Rumah Oriental China!

Kekhasan desain rumah China terlihat dari penggunaan gerabah, material kayu, batu bata, dan fasad berbahan genteng tanah. Penduduk asli China juga selalu membangun rumahnya menyatu dengan alam. Maka tak heran, suasana tenang, damai, alami, dan sederhana di rumah ini begitu kental.

desain-rumah-china.jpg

1. Sederhana Namun Elegan

Yang paling terasa dari rumah tradisional masyarakat China adalah kesederhanaannya. Tidak ada tumpukan aksesoris dan furniture yang dihias di sana-sini. Semuanya teratur rapi dengan peletakan yang tepat untuk menghasilkan kesan yang elegan.

2. Paduan Antara Kebudayaan dan Modernitas

Kesan spiritual yang dipancarkan oleh hiasan-hiasan bernilai seni tinggi kerap memperindah dekorasi interior rumah ala Negeri Tirai Bambu. Kebanyakan pengolahannya cukup dilakukan dengan hanya memainkan warna dan tata letak saja. Sedangkan pada desain yang lebih modern, masyarakat China tidak pernah melupakan kebudayan leluhurnya. Hal ini terlihat dari penggabungan kebudayaan china dan desain kontemporer yang begitu seimbang.

3. Menyatunya Desain dan Feng Shui

Banyak desainer yang mengatakan desain khas China ini merupakan pencampuran desain sederhana, kontemporer, dan modern yang dibungkus oleh nilai-nilai feng shui. Aksesoris yang sering ditambahkan adalah kain ringan berwarna-warni sebagai pendukung aliran energi chi. Itu sebabnya, suasananya pun menjadi sangat tenang dan harmonis.

4. Dominasi Warna Emas

Berbicara soal warna, masyarakat China juga memiliki skema warna yang disukainya. Emas, merah, dan hitam merupakan warna-warna yang biasa mendominasi interior. Sementara, warna emas sendiri juga banyak dipakai untuk membentuk aksen-aksen berupa motif dan ornamen ukiran.

5. Tanaman Bambu

Mendesain rumah bergaya kebudayaan China tentu tak lengkap tanpa adanya tanaman bambu di sekeliling rumah. Tanaman ini bisa dipelihara di salah satu sudut halaman maupun mengelilingi rumah. Bunyi khas batang bambu yang saling bergesekan tertiup angin membuat suasana rumah semakin menentramkan.