Desain
Nov26

Begini Lho Cara Menata Rumah Mungil Biar Lebih Ceria!

Bagaimana cara menata rumah mungil biar suaranya lebih ceria? Banyak keluhan yang dialami pemilik rumah berukuran kecil. Salah satunya adalah kondisi interior terasa penuh dan sesak. Padahal jika ditata dengan trik tepat, rumah mungil pun bisa memiliki suasana yang lega dan penuh keceriaan.

Bagaimanakah caranya?

Biarkan Interior Tetap Terbuka

rumah-mungil-lapang.jpg

Perlu diketahui, hal yang paling dihindari saat mengatur rumah mungil adalah memberi sekatan ruangan terlalu banyak. Semakin anda menambah partisi, ruangan akan terpisah dan semakin terasa sempit. Selain itu, ada beberapa jengkal ruangan yang juga termakan untuk pembangunan tempat tembok tersebut. Jadi, biarkanlah interior rumah tetap menyatu, kecuali untuk kamar tidur dan kamar mandi.

Maksimalkan Area untuk Berlalu Lalang

rumah-mungil-lega.jpg

Area lalu lalang seringkali luput dari perhatian dan menjadi ruang sisa. Padahal jika porsinya dipertimbangkan dengan benar, anda bisa membuat interior rumah terasa jauh lebih lega. Biasanya, pembuatan ruang gerak untuk rumah mungil dilakukan dengan menempatkan furnitur di sisi interior yang sama. Sebagai contoh, anda bisa menempatkan meja, kursi, dan lemari mepet ke sudut sebelah kiri. Dengan demikian, ruang gerak yang dihasilkan di sisi kanan akan lebih luas.

Gunakan Perabotan yang Bersifat Multifungsi

perabotan-rumah-mungil.jpg

Perabotan multifungsi adalah perabotan yang memiliki kegunaan lebih dari satu. Sebagai contoh, sofa multifungsi bisa dijadikan sebagai tempat duduk dan tempat tidur dengan merentangkan dudukannya. Ada juga meja multifungsi dengan tambahan rak di bagian bawahnya.

Pilih Pencahayaan Ruangan Putih dan Terang

pencahayaan-rumah-mungil.jpg

Mengatur pencahayaan rumah juga termasuk langkah yang ampuh untuk menciptakan suasana lebih nyaman. Pada rumah berukuran mungil, sebaiknya hindari menambahkan pencahayaan berjenis dekoratif seperti lampu kristal dan lampu bercahaya kuning. Hal ini dikarenakan kesan elegan dan romantis dari cahaya ini bisa menyebabkan interior terasa sempit jika tidak diolah dengan benar. Sebaiknya, anda menggunakan lampu bercahaya putih dan terang agar suasananya lebih lapang. Untuk memperindah ruangan, anda juga dapat menambahkan lampu dinding bercahaya putih yang tampak indah.

Tempatkan Cermin di Sudut-sudut Tertentu

rumah-mungil-dengan-cermin.jpg

Pada area-area tertentu, anda bisa menambahkan cermin. Selain akan menghasilkan ruang bayangan, kehadiran cermin ini juga sekaligus mampu menyebarkan cahaya. Hasilnya interior tampak lebih terang dari sebelumnya.

Hiasi dengan Warna-warni Dinamis

warna-rumah-mungil.jpg

Setelah interior rumah menjadi terang dan terasa lapang, langkah terakhir adalah memberikan suatu sentuhan yang bisa membuatnya ceria. Kesan ini bisa anda hadirkan dari pemakaian warna-warni yang bersifat dinamis. Kombinasi warna kuning dan hijau sangat kami rekomendasikan untuk menambah keceriaan rumah sekaligus membuat interiornya terlihat lebih luas.