Desain
Sep19

Bagaimana Desain Rumah Gaya Smarthome itu?

desain-rumah-smarthome.jpg

Desain rumah gaya smarthome, mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Tapi tahukah anda, trend smarthome atau rumah pintar ini kini tengah booming di mancanegara.

Pada prinsipnya, smarthome merupakan rumah yang terintegrasi dengan sejumlah sistem sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengatur seisi rumah secara otomatis memakai gadget. Jika jaman dulu gadget yang dimaksud masih berupa remote control, maka saat ini gadget yang tertanam dalam smartphone lebih diminati. Bahkan, keterhubungan antara rumah dengan smartphone ini memungkinkan kita bisa mengatur seisi rumah dari luar kota sekalipun.

Apa Untungnya?

Ada banyak sekali hal menakjubkan yang bisa ditemukan dalam model rumah yang satu ini. Beberapa fitur umum smarthome seperti menyalakan dan mematikan perangkat elektronik dari jarak jauh, membuka-menutup pintu dan jendela dengan satu tombol, serta menginformasikan suhu dan kelembaban di dalam rumah. Karena telah dilengkapi dengan CCTV, kita pun bisa memantau semua sudut rumah dengan lebih mudah.

Meskipun biaya instalasinya terbilang sangat mahal, hal ini sebanding dengan keuntungan yang akan anda dapatkan. Seperti misalnya, harga rumah yang akan seketika meningkat ketika kita memasang teknologi canggih ini. Bahkan rata-rata peningkatan nilai yang terjadi bisa mencapai lebih dari 25 persen dari nilai awal.

Rumah bertipe smarthome juga lebih menghemat listrik. Kita bisa mengatur dengan tepat, kapan saatnya suatu perangkat diaktifkan dan dimatikan.

Tingkat keamanan di rumah pintar ini pun lebih terjamin dibandingkan dengan rumah modern biasa. Dengan CCTV yang terhubung ke smartphone, anda bisa memantau seluruh kondisi rumah di manapun anda berada. Contoh lainnya, ketika rumah anda terkena api, maka sistem pemadam kebakaran secara cepat mengatasi percikan tersebut agar tidak bertambah besar dan menjalar ke seisi rumah.

Dengan semua kemudahan dari fitur yang sangat canggi ini, tentu saja penghuni bisa merasakan bagaimana hidup di rumah yang lebih nyaman. Segala sesuatu yang dulu harus dikerjakan manual, kini bisa dilakukan sambil bersantai. Tertarik untuk mengaplikasikannya di rumah anda?