Desain
May25

Bagaimana Desain Perpustakaan Mini di Rumah Dirancang?

Adanya perpustakaan mini di rumah akan menjadi sarana yang bagus untuk mencerdaskan seluruh penghuni rumah tersebut. Bayangkan, anda sekeluarga bisa menyimpan buku-buku kesayangan di ruangan pribadi dan terdidik untuk mencintai buku. Aktifitas membaca juga ternyata bisa membuat anda merasa lebih tenang dan dapat meredakan stres lho. Pun bagi anak-anak, suasana perpustakaan yang nyaman akan membiasakannya membaca dan menggemari hobi ini.

desain-perpustakaan-mini-di-rumah.jpg

Perpustakaan Mini

Kriteria perpustakaan pribadi yang nyaman tidak terbatasi oleh ketersediaan ruang kosong di rumah anda. Bahkan membuat perpustakaan di ruangan yang mini atau menggabungkannya dengan ruangan-ruangan lain, hal ini akan menjadikan desain perpustakaan tersebut tampil beda dan terlihat unik. Namun, tentu segala aspek yang kegiatan baca-membaca harus diolah sedemikian rupa dan mengoptimalkannya. Nah, berikut adalah langkah-langkah untuk anda yang ingin merancang perpustakaan mini di rumah :

Langkah 1 : Perencanaan Layout Ruangan

Dalam merancang layout perpustakaan, anda harus menghitung terlebih dulu jumlah koleksi buku yang saat ini dimiliki dan memperkirakan berapa banyak buku-buku yang akan dibeli ke depannya nanti. Pastikan anda mencukupi tempat penyimpanan yang diperlukan oleh masing-masing buku tersebut. Pertimbangkan untuk menaruh tempat penyimpanan tambahan yang mungkin dibutuhkan bila jumlah buku terus mengalami pertambahan yang signifikan.

Perlu diketahui, desain rak buku yang dipilih juga akan mempengaruhi daya tampung rak tersebut. Rak sederhana dengan model persegi panjang mempunyai kapasitas yang lebih besar dibandingkan rak dengan bentuk berliuk-liuk. Namun rak yang berbentuk unik juga diperlukan untuk meningkatkan daya tarik perpustakaan, terutama agar anak-anak mau berdiam lama di ruangan ini. Jangan lupa, pastikan kekuatan tembok dan konstruksi bangunan mampu menyangga seluruh koleksi buku-buku anda.

Mengatur tata letak buku berdasarkan peruntukannya juga mesti dilakukan dengan cermat. Jangan sampai buah hati anda mendapatkan informasi yang berbau kedewasaan sebelum waktunya. Oleh karena itu, pertimbangkan bentuk rak buku, susun buku-buku lebih teliti, serta letakkan buku anak-anak di posisi mencolok dan mudah dijangkau.

Langkah 2 : Jika Ingin Menggabungkan dengan Ruangan Lain

Bagi pemilik rumah berukuran kecil, anda bisa menghadirkan perpustakaan mini di ruangan yang telah tersedia sebelumnya. Apabila anda ingin menyatukan perpustakan dengan ruangan lain, pastikan fungsi utama ruangan-ruangan tersebut dapat berjalan semestinya. Buat desain kedua ruangan ini tampak selaras, terpadu dengan baik, dan saling melengkapi.

Sebagai contoh, ketika anda ingin menggabungkan ruang perpustakaan bersama ruang kerja, buatlah area yang jelas dari keduanya. Tempelkan rak buku di sudut ruangan yang tidak mengganggu, kemudian sisakan ruangan yang cukup untuk meletakkan meja, kursi, komputer, printer, dan barang pendukung lainnya. Buatlah penataan yang memungkinkan anda merasakan kenyamanan, baik saat di ruang perpustakaan maupun di ruang kerja.

Langkah 3: Pengaturan Tata Letak Pencahayaan

Pencahayaan yang sempurna akan mendukung kenyamanan aktifitas membaca di ruang perpustakaan. Usahakan ruangan ini memiliki jendela agar bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Cahaya alami terbukti mampu memberikan stimulasi tertentu pada tubuh sehingga terasa segar dan menyehatkan. Di sisi lain, usahakan buku-buku kesayangan anda terpapar sinar matahari langsung karena dapat membuatnya kusam.

Untuk pencahayaan buatan, anda bisa menaruh lampu-lampu berdiri di sebelah sofa baca sebagai pendamping lampu meja. Bisa juga menggunakan lampu dimmer agar tingkat kecerahan sinarnya bisa diatur sesuka hati dengan mudah. Pun tidak ada salahnya menempatkan lampu-lampu hias untuk meningkatkan keindahan ruangan ini.

Langkah 4 : Saatnya Memasukkan Buku!

Setelah proses pengaturan ruang perpustakaan selesai dilakukan, kini waktunya mengisi ruangan tersebut dengan buku-buku koleksi anda. Pertama, kelompokan masing-masing buku menurut peruntukan usianya. Kedua, pilah kembali semua buku tersebut berdasarkan topik yang dibahas, buku dongeng bersama buku dongeng dan buku sejarah bersama buku sejarah. Tempatkan buku-buku ini ke dalam rak dan susun berdasarkan urutan alfabetnya.

Apabila anda ingin berburu buku-buku pelajaran dengan harga yang lebih miring, biasanya diskon ditawarkan secara besar-besaran di toko-toko buku di sekitar komplek pendidikan selama pembukaan tahun ajaran baru. Sementara untuk buku berbahasa asing, anda bisa memperolehnya di garage sale yang biasa diadakan oleh kedutaan besar, sekolah internasional, dan pusat kebudayaan asing saat hari kemerdekaan negara yang bersangkutan. Tak ada salahnya juga mempertimbangkan untuk membeli buku-buku bekas, selama kondisinya masih bagus dan isinya sangat berharga, buku antik ini akan menjadi koleksi paling berharga anda.

Langkah 5 : Perawatan Buku-buku yang Benar

Pemberian bentuk perawatan yang benar akan memastikan kondisi buku-buku anda tetap terjaga. Kami pernah mengulas metode-metode perawatan buku secara lengkap di sini. Yang terpenting, pastikan buku berada di tempat yang bersirkulasi udara baik serta terhindar dari terik matahari dan binatang pengganggu. Berikan silica gel di setiap kisi-kisi rak supaya tingkat kelembaban udaranya terjaga dengan baik.