Desain
Apr20

Bagaimana Cara Mengatasi Rumah yang Terasa Panas?

Bagaimana cara mengatasi rumah yang terasa panas? Rumah bisa dikatakan nyaman apabila suasana di dalamnya tidak terasa panas. Dengan merancang sistem pengudaraan yang baik dan terencana, anda bisa menghindari hawa panas di dalam rumah ini dan menghadirkan udara segar di setiap bagiannya.

Oleh karena itu, sistem pengudaraan di rumah tidak boleh dibuat secara asal-asalan. Anda harus memperhatikan aspek iklim tropis yang dimiliki Indonesia. Tujuannya yaitu untuk menciptakan dekorasi rumah yang memungkinkan udara bisa masuk ke ruangan-ruangan dan menghalangi terpaan panas matahari sedemikian rupa.

tips-agar-rumah-tidak-panas.jpg

Rumah yang Asri

Nah, berikut ini adalah saran-saran dari Arafuru untuk membuat rumah yang memiliki sistem pengudaraan yang baik dan anti-panas :

Perhatikan Layout Bangunan

Layout atau denah adalah penataan ruangan-ruangan di dalam rumah. Mengingat Indonesia beriklim tropis, maka layout yang diterapkan akan berpengaruh besar terhadap intensitas cahaya matahari yang bisa menerobos masuk ke rumah. Disarankan, sisi terpanjang rumah harus menghadap ke arah selatan atau utara agar panas matahari tidak menerpa sebagian besar bagian rumah. Sebaliknya, hindari menghadapkan sisi terpanjang rumah ini ke arah matahari terbit ataupun tenggelam. Perlu dipahami, yang dimaksud sisi terpanjang bukan arah hadap rumah sebab ada bangunan yang sengaja dibentuk memanjang ataupun melebar. Dengan menerapkan layout secara tepat, maka udara panas bisa direduksi hingga 50 persen.

Bangun Rumah dengan Jarak yang Cukup

Pergerakan udara di Indonesia mempunyai kecenderungan berjalan dengan kecepatan yang rendah akibat iklim tropis yang bersifat lembab. Tak heran, angin yang ditimbulkannya pun relatif sedikit. Itu sebabnya, anda perlu menyediakan jarak yang cukup antara bangunan rumah pribadi dengan rumah-rumah di sekitarnya. Sebaiknya, rumah didirikan tepat di tengah-tengah area tanah sehingga menyisakan area kosong di depan, kanan, kiri, dan belakang sebagai jarak. Adanya area kosong ini memungkinkan udara bisa bergerak lebih bebas mengitari rumah, sehingga suasana di interior pun terasa lebih sejuk.

Maksimalkan Bukaan di Rumah Secara Cerdik

Untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam rumah, anda bisa membuat bukaan-bukaan secara tepat. Rekomendasi kami, maksimalkan pembuatan bukaan di bagian utara, selatan, atau sesuai arah datang angin di wilayah rumah tersebut. Bukaan-bukaan ini bisa berupa pintu atau jendela yang berukuran besar.

Atur Tata Letak Ruangan-ruangan

Room organization atau pengaturan ruangan juga perlu dilakukan untuk menciptakan rumah yang tidak panas. Kamar tidur dan ruang tamu seyogyanya ditempatkan di sebelah timur agar mendapatkan terpaan sinar matahari pagi yang akan menjaga kesehatan lingkungannya. Kamar mandi dan dapur sebaiknya dibangun di sebelah barat agar terkena panas matahari dalam jumlah maksimal, sehingga lingkungannya tidak lembab. Di samping itu, area ini juga berfungsi sekaligus sebagai perisai untuk menghalangi panas matahar menjalar ke tengah-tengah ruangan. Untuk layout rumah bagian tengah, anda bisa menghadirkan ruang keluarga yang nyaman, mengingat suhu ruangan di bagian ini relatif lebih stabil.