Apa itu Void Pada Rumah Mungil? Kita Cari Manfaatnya Yuk!

Salah satu elemen penting yang semestinya adad pada desain rumah mungil yaitu void. Apakah void itu? Void adalah ruangan kosong terbuka yang terdapat di tengah-tengah konstruksi antara dua lantai. Void merupakan ruang kosong yang terletak di antara lantai atas dan lantai bawah. Void dikenal pula sebagai plafon ganda. Bukan sekadar mendukung estetika rumah semata, void mempunyai fungsi utama untuk membuat sirkulasi udara di dalam rumah mungil semakin lancar.

Void biasanya dibuat pada rumah-rumah yang berukuran mungil. Adanya void ini bisa menjadi alternatif ventilasi udara selain pintu, jendela, dan roster. Rumah dengan void akan memiliki sirkulasi udara yang lancar sehingga suasana di dalamnya bakal terasa sejuk dan tidak panas. Selain itu, keberadaan void juga memungkinkan sinar matahari dapat memasuki rumah meskipun tidak dilengkapi dengan jendela. Void ini mampu mendukung terciptanya hunian sehat pada rumah mungil.

Kami memang merekomendasikan void untuk dibuat pada rumah-rumah yang ukurannya mungil. Tapi bukan berarti rumah berukuran besar dan luas pun tidak bisa menggunakannya. Karena pada dasarnya semua rumah dapat dilengkapi dengan void. Void berupa ruang kosong yang terletak di lantai atas. Jadi keberadaannya secara otomatis akan membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih tinggi. Perlu Anda ketahui, void mempunyai beberapa kegunaan di antaranya :

fungsi-void-rumah.jpg

Melancarkan Sirkulasi Udara Pada Interior

Keberadaan void di rumah Anda mampu melancarkan sirkulasi udara di dalamnya. Void memungkinkan udara dapat bergerak dan keluar-masuk rumah dengan leluasa. Terdapat lebih banyak ruang bagi udara untuk datang silih berganti. Manfaatnya ialah interior rumah pun terasa lebih sejuk karena udara segar selalu memenuhi seisi ruangan. Selain itu, perputaran udara yang terus terjadi juga dapat mengurangi tingkat kelembaban udara di dalam rumah.

kegunaan-void-rumah.jpg

Memaksimalkan Masuknya Sinar Matahari

Tak hanya sirkulasi udara saja yang akan menjadi lancar dengan dibuatnya void, tetapi pencahayaan di dalam rumah juga akan turut membaik. Keberadaan void ini akan membantu memaksimalkan pancaran sinar matahari yang bisa memasuki rumah. Kini semakin banyak cahaya matahari yang dapat memasuki interior tempat tinggal. Sehingga lingkungan di dalam hunian pun menjadi terlihat lebih terang dengan banyaknya sinar matahari yang mampu memasukinya.

void-rumah-tinggal.jpg

Menjadi Solusi Sebagai Ventilasi Alternatif

Kadang-kadang rumah kita tidak mungkin untuk dibuat ventilasi udara berupa jendela karena lokasinya yang berhimpitan langsung dengan rumah tetangga. Padahal peran ventilasi sangat penting. Ventilasi ini secara langsung mampu mendukung terciptanya rumah tinggal yang sehat. Tanpa adanya ventilasi yang memadai, rumah menjadi lembab sehingga tak layak huni. Jika rumah Anda tidak memungkinkan untuk dilengkapi jendela di samping, Anda bisa membuat void sebagai alternatifnya.

void-rumah-mungil.jpg

Menciptakan Kesan Ruangan Lebih Luas

Faktanya adalah kesan luas pada rumah dapat dihadirkan kendati di bangunan yang ukurannya mungil sekali pun. Anda bisa memainkan bidang horizontal maupun vertikal pada rumah tadi untuk menciptkan kesan rumah yang lebih luas. Salah satu trik untuk membuat ruangan terasa luas dengan memanfaatkan bidang vertikal yaitu membuat void. Dengan adanya void, ruangan akan menjadi lebih tinggi. Hal ini akan menciptakan perasaan lapang saat kita berada di dalamnya.

membuat-void-rumah.jpg

Menghadirkan Suasana Interior yang Dinamis

Anda mungkin sudah merasa bosan dengan ruangan yang bentuknya begitu-begitu saja? Ruangan yang cuma terbuat dari rangkaian lantai, dinding, dan plafon memang terasa membosankan. Guna membuat suasana yang berbeda, Anda dapat menambah void di interior. Keberadaan void sanggup menciptakan kesan ruangan yang lebih dinamis. Bidang setiap lantai menjadi tak terpisah-pisah, melainkan senantiasa tetap terhubung. Rumah pun nampak tidak monoton serta lebih menarik dan hidup.

manfaat-void-rumah.jpg

Mempermudah Komunikasi Antar-Lantai

Pada hunian yang terdiri atas beberapa lantai, sering kali komunikasi antar-lantai tidak mampu berjalan dengan baik. Seseorang yang sedang berada di lantai pertama tak bisa berkomunikasi dengan penghuni lain yang ada di lantai kedua sebab terhalangi oleh beton yang tebal. Nah, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan membuat void. Void ini memungkinkan setiap lantai di rumah selalu dapat terhubung dengan baik. Sehingga Anda pun tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain yang ada di lantai atas.

kelebihan-void-rumah.jpg

Mendukung Pembuatan Taman di Interior

Taman di interior dapat dibuat asalkan sinar matahari bisa memasuki rumah dengan maksimal. Memang sih sinar matahari ini kini bisa diganti menggunakan lampu ultraviolet bertenaga minimal 60 watt. Tetapi penggunaan lampu yang terus-menerus secara otomatis akan membuat tagihan listrik di rumah Anda membengkak. Sebagai solusi alternatifnya, Anda bisa membuat void. Void akan memaksimalkan cahaya matahari yang memasuki rumah. Tingginya ruangan dengan void juga akan mendukung pertumbuhan tanaman secara optimal.

Menghemat Biaya untuk Tagihan Listrik

Pembuatan void juga dapat menghemat tagihan listrik di rumah Anda loh. Bagaimana bisa? Sebab void dapat memaksimalkan masuknya sinar matahari ke dalam rumah serta mendukung sirkulasi udara. Jadi Anda pun tidak perlu lagi menyalakan lampu sepanjang hari karena interior sudah terlihat terang pada siang hari. Begitu pula dengan perangkat AC yang tidak dibutuhkan lagi. Sebab memang interior dengan void sudah terasa cukup sejuk dan segar meskipun tanpa AC.