Desain
Aug27

Aneka Desain Pintu Shower Kamar Mandi

desain-pintu-shower-kamar-mandi.jpg

Di era modern saat ini, shower termasuk unsur yang penting pada sebuah kamar mandi. Bila pada mulanya pintu shower terbuat dari kain tipis, untuk sekarang sudah tersedia beragam model pintu yang lebih menarik. Selain itu, penggunaan pintu dinilai lebih mampu melindungi shower dan menahan air tidak merembes keluar. Karena berada di lingkungan kamar mandi, gaya pintu shower juga mempengaruhi gaya kamar mandi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa saat ini pintu shower sudah tersedia dalam berbagai pilihan bentuk dan gaya. Dengan adanya pilihan-pilihan pintu seperti ini, memungkinkan Anda untuk menggunakan pintu mana yang sesuai dengan keinginan dan suasana yang akan diciptakan di kamar mandi. Pintu shower biasanya muncul dengan berbahan kaca dan sistem buka-tutup yang berbeda-beda. Ada yang dilengkapi dengan bingkai kusen, ada yang berbentuk tabung, serta ada juga pintu geser. Adapun untuk pintu shower yang sedang tren saat ini adalah pintu tanpa bingkai kusen dan berbahan kaca buram.

Pintu Geser

Pintu shower dengan sistem geser yang paling diminati adalah berbahan dari kaca. Pintu ini juga biasanya digunakan untuk membagi area kamar mandi menjadi dua bagian. Struktur bentuk pintu ini terdiri dari tiga bagian utama termasuk jalur pintu sebagai tumpuannya. Seperti namanya, untuk membuka dan menutup pintu ini adalah dengan cara menggesernya ke samping. Salah satu kelebihan dari pintu geser adalah keberadaan pintu bisa disembunyikan di antara dinding, sehingga bisa lebih menghemat ruangan. Kelebihan lainnya dari pintu seperti ini adalah sangat mudah dalam perawatan dan pembersihannya.

Pintu Lengkung

Pintu lengkung atau melengkung adalah bentuk pintu yang khusus diciptakan untuk area shower dan cocok untuk kamar mandi yang sempit. Biasanya, ketebalan pintu dengan model ini cukup ramping sehingga memakan sedikit ruang. Di pasaran, pintu lengkung tersedia dalam beberapa pilihan seperti pintu setengah tabung maupun pintu seperempat tabung, sehingga sangat tepat bila digunakan di sudut ruangan kamar mandi.

Pintu Ayun

Bentuk pintu ini mirip seperti pintu rumah pada umumnya di mana ada engsel pada bagian sampingnya dan dibuka-ditutup dengan cara ditarik-didorong. Namun khusus ruang shower, pintu ayun yang dipasang telah dilengkapi dengan pengunci magnetik. Sehingga akan menjaga pintu tetap tertutup otomatis meski lupa atau tidak perlu repot menarik pengunci manual dahulu. Desain pintu ini cocok bagi kamar mandi yang berukuran besar karena memakan banyak ruang saat pintu dibuka. Pintu ayun tersedia dalam dua pilihan, yaitu pintu dengan bingkai kusen maupun pintu tanpa kusen.