Desain
Mar19

Aneka Desain Jendela Rumah

Pada saat ini, paling tidak ada 6 desain jendela rumah yang biasa digunakan pada pembangunan arsitektur rumah. Seluruh model jendela ini memiliki bentuk dan karakteristiknya masing-masing. Adapun untuk keenam jenis jendela tersebut antara lain :

1. Awning Windows

Awning Windows merupakan jendela yang paling sering digunakan. Desain jendela ini mempunyai ciri khas dari letak engselnya yang berada di bagian atas sehingga memungkinkan bagian bawahnya bisa dibuka untuk keperluan ventilasi. Jendela “tenda” ini cocok digunakan di area kamar tidur karena mampu menjaga privasi di dalamnya. Sementara itu untuk penerapannya, Awning Windows bisa disandingkan dengan jendela lain, disusun membentuk kolom atau ditempatkan di atas pintu. Namun desain jendela ini memiliki kekurangan yang disebabkan oleh model jendelanya sendiri, yaitu kebanyakan kotoran yang jatuh melewati jendela akan terkumpul di bawahnya sehingga anda perlu membersihkan jendela ini secara rutin.

aneka-jendela-rumah.jpg

2. Double Hung Windows

Sesuai namanya, Double Hung Windows menggunakan dua buah jendela rumah yang dijadikan satu. Sehingga memungkinkan kita untuk membukanya secara serempak atau salah satu saja. Sebagai contoh, Anda bisa membuka jendela atas dengan posisi jendela di bawahnya masih tertutup, begitupun sebaliknya. Jenis jendela ini cocok diterapkan pada kamar tidur anak-anak dan beberapa ruangan lainnya seperti dapur dan ruang kerja.

3. Casement Windows

Engsel yang digunakan oleh Casement Windows terletak di samping. Hal ini mirip dengan sistem kerja pintu rumah. Tidak seperti Awning Windows yang hanya bisa dibuka sebagaian, model jendela ini terlihat cantik saat dibuka seluruhnya sehingga memungkinkan udara dan sinar matahari yang masuk lebih maksimal. Beberapa desain Casement Windows yang berkembang saat ini banyak yang menggunakan sistem geser. Sayangnya jendela ini mudah rusak karena titik tumpu jendela berada pada engsel teratas. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih engsel berkualitas saat ingin menggunakan desain jendela ini di rumah.

4. Jalousie Windows

Jalousie Windows adalah jendela yang terdiri dari beberapa potongan kaca persegi panjang yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah kaca jendela. Wujudnya mirip tirai yang ditarik sehingga pada saat kita menarik tali yang sudah sediakan, maka potongan-potongan kaca tersebut akan berubah miring. Kelebihan dari model jendela seperti ini adalah kita bisa mengatur jumlah udara yang masuk dengan mengubah kemiringan susunan kaca tadi. Sementara untuk kekurangannya adalah adanya celah di antara potongan kaca meski jendela dalam keadaan tertutup sehingga kurang cocok digunakan di ruangan ber-AC.

5. Picture Windows

Picture Windows sering digunakan sebagai dinding pada rumah modern, di mana bentuknya berupa jendela kaca yang tidak bisa dibuka. Adapun fungsi dari pembuatan jendela ini adalah untuk memaksimalkan sinar matahari yang masuk dan bukan ditujukan sebagai ventilasi. Umumnya kaca yang digunakan untuk membuat picture windows berukuran tebal sehingga jendela ini tidak mudah pecah.

6. Bay Windows

Bay Windows terdiri dari tiga buah jendela, di mana jendela yang berada di tengah bisa dibuka sebagai ventilasi dan jendela di kanan kirinya berupa picture windows. Keunikan dari desain jendela ini adalah posisi kanan kirinya diatur agar serong sehingga jendela yang ada di tengah timbul ke luar. Jendela ini sangat cantik saat digunakan di dapur dan kamar tidur utama. Sayangnya, bay windows tidak cocok jika ditambah dengan gorden di bagian belakangnya.