Desain
Nov28

Agar Betah di Rumah, Ini Syarat Rumah yang Ideal

Mempunyai rumah yang ideal mungkin merupakan salah satu impian terbesar anda. Bagaimana tidak, tinggal di rumah seperti ini tentu akan terasa sangat nyaman sehingga anda sekeluarga betah berada di dalam rumah. Setidaknya ada lima syarat suatu rumah bisa dikatakan ideal bagi penghuninya, yaitu :

Syarat 1 : Ergonomis

rumah-yang-nyaman.jpg

Ergonomis berarti nyaman. Yap, saat anda menata desain rumah tinggal, aspek kenyamanan ini menjadi faktor pertama yang harus diperhatikan. Pemilihan sofa misalnya, meskipun sofa tampak unik sekali, namun anda jangan sampai tergoda bila ternyata sofa tersebut tidak nyaman diduduki. Begitupun dengan pemasangan lampu, sebaiknya tingkat sinarnya pas di mata, tidak terlalu cerah maupun terlalu redup.

Syarat 2 : Kesehatan

rumah-yang-sehat.jpg

Suatu rumah tentu harus dipastikan kondisinya tetap sehat. Sebab, hal ini akan berpengaruh besar terhadap kesehatan anda sekeluarga. Beberapa aspek yang perlu anda perhatikan, pastikan seluruh material tidak menghasilkan debu, tidak beracun, dan tidak berbau.

Syarat 3 : Keamanan

rumah-yang-aman.jpg

Tepat sekali, keamanan merupakan salah satu faktor pembentuk rumah ideal. Terlebih jika di rumah anda terdapat anak-anak dan orangtua, rumah harus bisa menjamin keamanan aktifitas mereka sehari-hari. Cobalah menempatkan area bermain untuk anak-anak di tempat yang aman dan mudah diawasi. Pastikan semua perabotan di dalam rumah tidak memiliki sudut yang tajam. Untuk colokan kabel dan terminal listrik, periksa secara berkala, kalau perlu berikan pengaman khusus.

Syarat 4 : Ramah Lingkungan

rumah-yang-ramah-lingkungan.jpg

Salah satu langkah untuk menciptakan rumah yang ramah lingkungan, selalu gunakanlah material bahan yang tidak merusak alam. Selanjutnya, pastikan sirkulasi di dalam rumah tersebut berjalan dengan lancar, sehingga tidak diperlukan lagi perangkat AC. Kelancaran aliran udara ini juga memungkinkan interior tidak pengap dan lembab. Jika anda tertarik, anda bisa mempercantik rumah dengan menambahkan tanaman-tanaman indoor. Dengan begini, rumah anda pun terasa lebih alami dan hijau.

Syarat 5 : Keindahan

rumah-yang-indah.jpg

Agar penghuni rumah bangga dan betah di dalam rumahnya, rumah tinggal ini juga perlu didesain dengan indah. Sebagai contoh, anda bisa memasang wallpaper dinding dengan paduan cat sehingga tampilan dinding kian menarik. Bisa juga dengan menghias lingkungan eksterior, seperti penambahan kolam ikan dan taman yang indah.