Desain
Apr28

8 Kiat Merancang Desain Interior Rumah Asimetris

Bagaimana kiat merancang desain interior rumah berpola asimetris? Mendesain ruangan dengan pola asimetris bisa dibilang lebih menantang daripada desain simetris. Pasalnya, ada banyak sekali hal yang harus diolah dan diperhatikan komposisinya, mulai dari memadukan perabotan, mengharmoniskan warna, hingga memajang aksesoris dan hiasan dinding.

desain-interior-rumah-asimetris.jpg

Ruangan Asimetris

Simak kiat-kiat merancang desain interior rumah asimetris dari Arafuru.com di bawah ini :

  1. Pemasangan lantai hendaknya dilakukan dengan pola diagonal agar penampilannya lebih dinamis. Boleh juga memasang ubin secara horisontal dan vertikal, namun kesannya akan terlihat simetris dan kaku.
  2. Untuk mempermudah anda mendekorasi ruangan secara asimetris, mulailah dengan memperhatikan kondisi ruangan dari setiap sudut. Setelah itu, tentukan focal point apa yang ingin dipakai, entah itu meja, lemari, televisi, atau jendela. Penataan ruangan bisa dimulai dari titik fokus ini.
  3. Desain perabotan yang tepat untuk dihadirkan di dalam ruangan asimetris biasanya memiliki bentuk yang berbeda tetapi identik. Letakkanlah furnitur-furnitur tersebut dengan susunan yang baik dan tetap memperhatikan keseimbangannya. Sebagai contoh, anda bisa menaruh sofa dan kursi yang berwarna sama ke ruang tamu.
  4. Tata letak furnitur sebaiknya dibuat dengan menjaga keberadaan focal point tetap menonjol. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan seluruh perabotan di sekitar titik fokus dan menghadapkan ke arahnya.
  5. Biasanya, ruangan asimetris banyak memainkan warna untuk menciptakan kesan dinamis. Meskipun berwarna-warni, anda tetap perlu memperhatikan keseimbangan dan harmonisasi warga supaya ruangan tetap nyaman dipandang dan tidak terlalu ramai.
  6. Pada bagian dinding, anda bisa mengecatnya menggunakan warna-warni yang bersifat ceria sebagai warna aksen, seperti hijau pupus, kuning, jingga, dan biru laut. Kemudian, tampilkanlah warna tersebut bersama dengan cat berkelir netral agar berpadu harmonis.
  7. Di dalam proses perancangan interior berkonsep asimetris, penambahan karpet tidak dilarang melainkan justru dianjurkan untuk mendukung kenyamanan ruangan. Pilihlah karpet berbentuk bundar dan oval, atau karpet persegi dengan corak asimetris guna mempertahankan kedinamisan ruangan.
  8. Menghadirkan aksesoris yang berbentuk unik juga efektif memunculkan kesan asimetris. Kuncinya, letakkan aksesoris di sudut-sudut yang tak terduga agar pesonanya keluar lebih kuat. Kerajinan tangan, patung, dan tempat duduk berbentuk unik bekerja baik untuk interior berpola asimetris. Bahkan, figura-figura yang disusun secara acak pun dapat menjadi hiasan dinding ruangan yang sangat menarik.