8 Kesalahan Fatal Saat Mendesain Ruang Tamu

mendesain-ruang-tamu-yang-salah.jpg

5. Kurang Memahami Ukuran Ruang Tamu

Terkadang orang yang tidak menyadari ruang tamunya berukuran luas malah menghias dengan bingkai lukisan kecil. Sementara itu, ada juga yang ruang tamunya sempit, justru dipenuhi dengan furniture yang kebesaran. Alhasil, ruangan pun menjadi terlihat tidak seimbang akibat perbandingan ukuran ruangan dengan pengisinya tidak proporsional.

6. Menempelkan Kursi ke Dinding

Pada ruang tamu mungil, menata kursi dengan menempelkannya ke dinding memang dianjurkan karena cukup ampuh membuat ruangan terasa lega. Sebaliknya, jika ruang tamu yang anda miliki berukuran luas dan anda menatanya dengan cara serupa, ruang tamu anda akan terlihat aneh seolah ada lem di dindingnya. Maksimalkan area tengah ruangan dengan kreatif dan biarkan bagian tepi-tepi tetap kosong sebagai ruang gerak.

7. Televisi Adalah Segalanya

Kebanyakan focal point di ruang tamu adalah televisi. Kesalahan terjadi saat ruangan dibentuk mirip home theatre dengan seluruh kursi menghadap ke arah TV tersebut. Untuk menciptakan suasana mengobrol yang bisa mengalir lancar, anda tidak harus menata kursi-kursi ini dengan posisi yang demikian. Bahkan jika anda menginginkan ruang tamu bersuasana lain daripada yang lain, bisa dengan memanfaatkan focal point seperti akuarium, jendela, atau lukisan.

8. Menganggap Semuanya Tampak Awet

Seiring berjalannya waktu, tampilan furniture anda pasti akan memudar secara perlahan-lahan. Hanya saja karena setiap hari anda melihatnya, anda tidak menyadari perubahan tampilan ini. Jangan sampai anda baru mengetahuinya ketika ada tamu yang mengatakan betapa usang furniture di rumah anda. Buatlah perencanaan secara berkala untuk memperbarui tampilan furnitur tersebut baik dengan mengecat, memplitur, maupun menggantinya dengan yang baru.