Desain
Oct15

8 Inspirasi Unik Desain Rumah dari Kontainer Bekas

Rumah kontainer adalah sebutan untuk rumah yang dibangun dari bahan kontainer bekas. Yap, box kontainer yang biasa dipakai untuk mendistribusikan barang via truk gandeng ini sudah lama bisa disulap menjadi hunian yang nyaman. Kebanyakan rumah kontainer dibangun menggunakan desain modern minimalis, mengingat bentuknya yang kotak sehingga atapnya pun datar dan cocok sekali dengan konsep tersebut.

Agar lebih menarik, pembangunan rumah kontainer dilakukan dengan tetap mempertahankan bentuk fisiknya. Modifikasi hanya dilakukan sebatas mengganti dinding kontainer dengan bahan lain seperti kaca, kayu, dan besi. Hal ini ditujukan agar wujud rumah yang kotak persegi ini bisa terlihat lebih jelas.

Selain ramah lingkungan, rumah kontainer juga terbilang unik karena masih sedikit yang menerapkannya di Indonesia. Pembangunan rumah ini juga memakan biaya yang lebih rendah. Namun di sisi lain, suasana di dalam rumah kontainer terbilang lebih panas. Karena itu dibutuhkan perancangan sirkulasi udara yang baik dan bantuan dari pendingin ruangan.

Inspirasi berikut ini akan membantu anda dalam mendesain rumah dari bahan kotak kontainer bekas :

desain-rumah-kontainer.jpg

Pada gambar pertama di atas terlihat bahwa rumah kontainer bisa dibangun menjadi sebuah hunian yang mewah. Pengolahan yang dilakukan pun terbilang sederhana, yakni dengan menumpuk kontainer-kontainer tersebut sebagai lantai bangunan. Satu kelebihan kontainer, karena strukturnya yang sudah kuat, maka pengolahan bentuknya menjadi lebih mudah. Pada beberapa dinding kontainer diganti dengan kaca sebagai jalan masuknya sinar matahari.

Dengan pengolahan yang tepat, keunikan rumah kontainer bisa mengalahkan pesona rumah konvensional biasa. Pada gambar kedua ini, desainer tidak hanya mengubah warna permukaannya saja, lebih dari itu, mereka juga mengganti struktur permukaan dinding kontainer dengan bilah-bilah kayu. Ide yang sangat cerdik. Dengan cara ini, rumah kontainer yang biasanya terasa panas, justru sebaliknya, sejuk dipenuhi angin.

Jika ingin membentuk rumah yang lebih lebar dari bahan kontainer, anda bisa menerapkan ide di atas. Pada awalnya, kontainer ditumpuk agar membentuk bangunan berlantai dua. Selanjutnya, hubungkan bangunan ini dengan kontainer lain sebagai ruang tambahan menggunakan atap. Tak lupa, ruang penghubung juga ditambahkan agar bangunan nampak bersatu. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di atas, kontainer yang tadinya berdiri sendiri-sendiri bisa menyatu dengan apik.