Aneka, Desain
Jul14

8 Ide Desain Tangga Rumah

Sponsored Links

desain-tangga-rumah.jpg

Tangga merupakan ruang gerak dan ruang penghubung yang penting dalam rumah bertingkat. Tangga berfungsi sebagai jalan penghubung antara lantai bawah dengan lantai atas. Karena itu, untuk memaksimalkan fungsi tangga, hendaknya pemilihan bahan pembuatannya pun dipilih dari material yang kokoh, menarik, dan berkualitas tinggi. Hal lain yang tak kalah penting diperhatikan adalah menentukan bentuk tangga. Pilih model tangga yang mendukung gaya rumah yang ingin dibuat untuk meminimalisir renovasi ulang, sebab biaya pembangunnya tergolong mahal karena prosesnya yang rumit dan lama.

Adapun untuk membangun tangga yang sesuai dengan kondisi di rumah Anda, silahkan ikuti tipsnya berikut ini :

1. Anggaran

Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan adalah menyesuaikan desain tangga sesuai dengan besar anggaran yang dimiliki. Salah satu caranya adalah dengan merencanakan pemakaian bahan material apa yang akan digunakan. Selain itu, Anda juga bisa memadukan beberapa material agar tangga rumah yang dibuat nantinya memiliki struktur yang unik tanpa biaya yang berlebih.

2. Ruangan

Ukur luas ruangan yang akan dibangun tangga sehingga tata letak, ukuran dan bentuk tangga yang pas bisa diketahui. Pada ruangan yang luas, cara ini juga berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan ruangan melalui tangga rumah dan dekorasi di sekitarnya. Karena itu, aspek ruangan merupakan faktor yang paling mempengaruhi desain yang ideal.

3. Keamanan

Saat mendirikan tangga rumah, penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan sisi keamanan dari tangga tersebut. Adapun untuk model tangga paling aman adalah tangga lurus yang memiliki ruangan di tengahnya, kemudian disambung lagi dengan tangga berikutnya. Biasanya model tangga semacam ini dipergunakan di tempat-tempat umum seperti sekolah, rumah sakit, hotel dan sebagainya.

4. Penghuni Rumah

Pembangunan tangga juga harus menyesuaikan terhadap usia seluruh penghuni rumah. Apabila ada orang tua dan anak-anak, maka dianjurkan memberikan pegangan tangan pada sisi kanan-kiri tangga.

5. Kenyamanan

Memperhitungkan tingkat kenyamanan dari tangga rumah itu penting. Sebab, tangga ini selalu digunakan di setiap harinya. Kenyamanan tangga rumah bisa diperoleh dari bentuk tangga yang semakin melebar, anak tangga yang luas dan ketinggian tangga yang tidak terlalu curam.

6. Material

Ada banyak jenis bahan yang biasa dipakai untuk membuat tangga rumah. Mulai dari kayu, marmer, baja sampai beton. Bahan tangga yang sedang populer saat ini ini adalah kaca, sebab tangga akan terlihat sangat elegan. Tangga seperti ini umumnya diaplikasikan pada desain rumah modern minimalis. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas bahan yang digunakan tahan lama dan sesuai interior rumah .

7. Bentuk

Selain bisa dibedakan menurut bahan pembuatnya, desain tangga juga bisa dikelompokkan menurut pola susunan anak tangganya. Misalnya, ada tangga lurus, tangga L, tangga U sampai tangga spiral. Sesuaikan bentuk desainnya menurut ukuran ruangan yang tersedia. Tangga yang paling menghemat ruangan adalah tangga berbentuk spiral.

8. Pegangan dan Anak Tangga

Satu lagi faktor yang perlu dipertimbangkan saat merancang tangga rumah adalah desain anak tangga dan pegangan yang melengkapinya. Anak tangga yang berkualitas adalah yang awet dan mampu menahan beban. Sedangkan untuk bentuk susunannya bisa disesuaikan dengan konsep interior. Sementara itu, untuk menciptakan pegangan yang berfungsi dengan baik, Anda bisa menyesuaikan ukuran, bentuk dan permukaannya.

Tags: desain rumah tangga

Sponsored Links

Rate this article!

8 Ide Desain Tangga Rumah,0 / 5 ( 0votes )
  • SHARE!

Related Posts

Leave a Reply