Desain
Jul17

8 Ide Desain Rumah Berbahan Bambu

Apakah anda tertarik mendirikan rumah bambu? Bambu telah lama menjadi bahan bangunan yang digunakan masyarakat Indonesia. Biasanya, bambu dimanfaatkan sebagai bahan pembangun atap dan pagar rumah. Tak jarang, meja dan kursi pun dibuat menggunakan bahan dasar ini.

Mau tahu bagaimana bambu diolah di dalam desain suatu rumah? Berikut ide-idenya :

1. Bambu Sebagai Dinding

desain-rumah-bambu.jpg

Struktur bambu yang berpermukaan tidak rata akan menimbulkan celah jika dijajarkan begitu saja. Sebagai alternatifnya, dibuatlah anyaman dari bahan bambu yang biasa disebut dinding gedek. Pada dasarnya, pembuatan anyaman untuk dinding ini sama seperti untuk tikar. Hanya saja, bilah-bilah bambu yang dipakai berukuran lebih tebal agar dinding mampu berdiri kokoh. Pola yang dihasilkan dari teknik menganyam juga akan menciptakan keunikan tersendiri pada rumah tersebut.

2. Bambu Sebagai Pagar

Mungkin anda sudah terbiasa melihat bambu yang diolah sebagai pagar rumah dengan menancapkannya begitu saja. Bagaimana dengan desain pagar di atas? Pagar bambu di atas terlihat lebih modern karena disusun rapi dan disandingkan bersama besi. Tentu saja, ide seperti ini akan mengangkat nilai dari pagar tersebut.

3. Bambu Sebagai Tiang dan Atap Rumah

Karakteristik bambu yang kokoh menjadikannya sebagai salah satu pilihan tiang dan atap rumah yang paling murah. Selain itu, bambu juga dikenal anti rayap dan anti lapuk sehingga usia pakainya pun relatif lebih lama.

4. Bambu Sebagai Tangga

Bambu juga kerap dijadikan sebagai tangga rumah. Karena masih sedikit orang yang menerapkannya, membuat tangga dari bahan ini terlihat lebih unik. Anda dapat menambahkan cat glossy agar permukaan tangga lebih mengkilap.