Desain
May5

8 Ide Desain Halaman Belakang Rumah

desain-halaman-belakang-rumah.jpg

Sebelum memulai mendesain halaman belakang, ada baiknya Anda menjawab beberapa pertanyaan ini dahulu :

  • Apa yang ingin Anda lakukan di halaman belakang?
  • Apakah Anda akan membuatnya sebagai tempat berpesta kebun bersama dengan teman-teman?
  • Atau menjadikannya sebagai sebuah tempat yang ideal untuk bersantai dan menenangkan diri setelah seharian bekerja?
  • Atau membangun wahana permainan untuk anak?

Berikut ini delapan ide pemanfaatan halaman belakang yang bisa Anda coba :

1. Ruang Serbaguna

Kebanyakan orang memanfaatkan area di belakang rumahnya sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktifitas. Jika Anda juga berpikir demikian, cobalah terapkan konsep membuat interior ruangan serbaguna. Hanya saja di sini ruangannya berada di luar rumah.

2. Taman

Taman di belakang rumah dibuat dengan tujuan untuk memaksimalkan tanah yang dimiliki. Khususnya rumah yang berada di daerah pegunungan di mana permukaan tanahnya miring, sehingga sulit dijadikan sebagai ruangan untuk beraktifitas. Biasanya, taman dengan permukaan tanah seperti ini dibuat dengan mengusung desain terasering, sehingga menghasilkan lanskap yang cantik. Pemasangan pagar yang mengelilingi taman juga diperlukan guna menjaga keindahannya.

3. Kolam Renang

Meskipun tingkat pemeliharaannya paling rumit, ide membuat kolam renang di belakang rumah adalah konsep yang paling banyak dipilih. Adanya kolam renang akan menjadi wahana hiburan bersama keluarga dan tempat bermain anak-anak yang menyenangkan. Perlu diperhatikan, saat memasang pagar pastikan ketinggiannya mampu menjaga privasi Anda sekeluarga saat berada di kolam. Selain itu, pemeliharaan dan pembersihan lantai dasar kolam juga harus sangat diperhatikan. Tanam beraneka pepohonan untuk menambah keasriannya.

4. Ruang Dapur Terbuka

Jika Anda sering mengadakan jamuan makan di luar rumah, akan lebih bagus jika dapur diletakkan di area belakang. Pembangunan dapur tidak perlu dikelilingi partisi dinding, sehingga area halaman bisa dijadikan sebagai ruang makan. Tambahkan perabotan masak tradisional agar nuansa terbukanya kian terasa.

5. Ruang Meditasi

Untuk membuat ruang meditasi, Anda dituntut mampu menciptakan ruangan yang tenang. Sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat refreshing dari kejenuhan kerja. Mulailah dengan memainkan pewarnaan yang mampu menstimulasi pikiran Anda menjadi lebih santai.

6. Ornamen Air

Keberadaan ornamen air di halaman belakang juga bisa membuat suasananya menjadi tenang. Suara gemericik air yang mengalir mampu mempengaruhi pikiran menjadi lebih nyaman. Ornamen air yang bisa dibangun berupa air terjun dan air mancur. Sedangkan untuk membuat suasananya menjadi semakin alami, tambahkan beberapa batu di dalamnya.

7. Kebun

Tidak ada aturan yang berlaku untuk membuat kebun di belakang rumah. Anda bebas mengkombinasikan berbagai tanaman bunga, tanaman buah, tanaman obat, dan tanaman hias. Bereksperimen lah sesuka hati Anda dan ajak anggota keluarga yang lain untuk menanam tumbuh-tumbuhannya.

8. Ruang Bermain Anak

Biarkan anak-anak bermain di luar rumah seperti masa kecil Anda dulu. Bangun lingkungan taman bermain di belakang rumah yang ideal bagi pertumbuhan dan mampu memacu perkembangan otaknya. Pastikan tempat tersebut aman, baik dari orang-orang di sekitarnya, hewan, tanaman beracun, dan polusi udara yang berbahaya.