Desain
Nov2

8 Aturan Mendekorasi Interior Rumah yang Patut Dicoba

Mendekorasi interior rumah memang sangat menyenangkan. Selalu ada cara baru untuk membuat rumah kita terlihat lebih indah dari sebelumnya. Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya ada aturan-aturan yang mengikat saat kita mengolah dekorasi interior rumah?

Aturan 1 : Menggantung Lukisan yang Benar

mendekorasi-interior-rumah.jpg

Untuk memperindah interior rumah tinggal, anda tidak bisa membiarkannya kosong melainkan perlu disandingkan dengan aksesoris seperti lukisan agar dimensinya semakin meningkat. Nah, pemasangan lukisan dinding paling tepat adalah digantung pada ketinggian dua meter dihitung dari jarak lantai dengan bagian teratas lukisan. Sedangkan untuk bagian terendahnya, maksimal dipajang pada ketinggian 15 cm di atas furniture pada bidang dinding yang sama. Jika memungkinkan, ukuran lebar lukisan sebaiknya lebih panjang 3 sampai 15 cm dari lebar furniture di bawahnya kecuali sofa.

Aturan 2 : Memadukan Beberapa Lukisan Secara Harmonis

tips-mendekorasi-interior-rumah.jpg

Agar ruangan lebih hidup, suatu karya seni tentu tidak bisa ditampilkan sendirian saja. Anda perlu menambahkan lukisan lain agar keduanya bisa saling melengkapi. Untuk mengkombinasikannya, yang perlu diperhatikan adalah bentuk dan ukuran figura. Selisih figura antar lukisan ini tidak boleh lebih dari sepertiga figura lainnya. Dengan bentuk dan ukuran yang proporsional, maka beberapa lukisan tersebut seolah berisi makna yang sama.

Aturan 3 : Memajang Aksesoris, Semakin Dekat akan Semakin Terasa

aturan-mendekorasi-interior-rumah.jpg

Memajang hiasan dinding sebaiknya jangan saling berjauhan kalau tidak ingin aksesoris tersebut tampil sendiri-sendiri. Untuk kesan yang terbaik, jeda antara aksesoris sebaiknya berada di antara 5 sampai 8 cm. Semakin dekat anda menjejerkan hiasan-hiasan ini, maka akan semakin besar kesan yang tercipta.

Aturan 4 : Memilih Ukuran Karpet yang Pas

cara-mendekorasi-interior-rumah.jpg

Ukuran karpet bisa dikatakan terlalu kecil bila luasnya hanya bisa menutupi area di bawah meja saja. Lebih baik, pilih karpet yang mampu menghiasi 60 persen luas ruangan. Dengan cara ini, karpet tersebut bisa berfungsi dengan baik sekaligus akan menimbulkan kesan yang anda inginkan.

Aturan 5 : Penempatan Karpet Disesuaikan dengan Model Kursi

inspirasi-mendekorasi-interior-rumah.jpg

Dalam penataan karpet di suatu interior, anda perlu menyesuaikannya dengan model tempat duduk yang digunakan. Apabila anda memakai sofa tanpa kaki, letakkan sofa tersebut di luar karpet atau di dalam karpet, jangan setengah-setengah. Sedangkan jika anda memakai kursi berkaki, letakkan dua kaki depan kursi di dalam karpet dan dua kaki belakang kursi di luar karpet.

Aturan 6 : Memilih Lukisan yang Dipajang di Atas Sofa

ide-mendekorasi-interior-rumah.jpg

Apabila anda tertarik memajang lukisan tepat di atas sofa, hindari menggunakan lukisan dengan panjang yang sama dengan sofa. Pilihlah lukisan yang berukuran dua pertiga dari lebar sofa. Pastikan antara sofa dan lukisan di atasnya membentuk pola simetris agar keduanya bisa menyatu dengan baik.

Aturan 7 : Menentukan Ukuran Meja Kopi

mendekorasi-interior-rumah-benar.jpg

Agar terlihat serasi, pemilihan meja kopi atau meja tamu harus disesuaikan dengan ukuran sofa yang mengitarinya. Panjang meja kopi yang ideal adalah dua pertiga dari panjang sofa yang anda gunakan. Sedangkan untuk ukuran lebarnya yaitu antara 5 hingga 10 cm lebih pendek dari dudukan sofa.

Aturan 8 : Mengatur Peletakan Bantal Hias

mendekorasi-interior-rumah-tinggal.jpg

Bantal hias biasa digunakan untuk mempercantik tampilan sofa. Dibalik keindahannya itu, ternyata ada trik khusus agar bantal hias tersebut bisa tampak lebih memikat. Caranya yaitu dengan meletakkan sebuah bantal hias di satu sudut sofa, dan dua bantal hias lagi di sudut yang lainnya. Dengan jumlah bantal yang ganjil, sofa terlihat lebih unik.