Desain
Dec13

7 Tips Rahasia Membangun Rumah dengan Biaya Murah

Apakah anda berniat membangun rumah dengan biaya yang murah? Proses pembangunan sebuah tempat tinggal memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Selain anggaran yang ditujukan untuk pengadaan bahan bangunan, anda juga perlu mempersiapkan biaya IMB, biaya kontraktor, biaya instalasi air dan listrik, biaya perpipaan, serta biaya tak terduga lainnya.

tips-membangun-rumah-murah.jpg

Untuk menekan anggaran biaya-biaya tersebut di atas, cobalah tips dari Arafuru berikut ini :

1. Pilih Jenis Bahan Material yang Berharga Murah

Untuk mendirikan suatu rumah dengan biaya yang sedikit, salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan material yang lebih murah. Seperti kita tahu, saat ini ada beragam bahan pilihan untuk konstruksi rumah, anda bisa memanfaatkan salah satu pilihan yang memiliki harga murah. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan atap dari genteng fiber, dinding dari batako, dan kusen pabrikan dari semen. Dengan menerapkan ide ini, anda tetap bisa memastikan bahan tersebut berkualitas terbaik tanpa memakan biaya yang banyak.

2. Gunakan Bahan Material yang Berdaya Tahan Lama

Perlu diketahui, daya tahan/tingkat keawetan suatu bangunan juga bisa menjadi tolak ukur bahwa konstruksi bahan bangunan yang dipakai terbilang murah. Misalnya pagar berbahan besi tergolong lebih murah daripada pagar bambu, sebab pagar besi bisa digunakan selama berpuluh-puluh tahun, sementara pagar bambu harus terus diganti setahun sekali. Contoh yang lainnya adalah dinding batu bata yang memiliki daya tahan lebih baik ketimbang dinding kayu. Begitu juga dengan pendirian atap memakai konstruksi baja ringan bisa dibilang lebih murah daripada konstruksi kayu karena lebih awet.

3. Pilih Kualitas Nomor Dua

Jika anda tidak berminat melakukan substitusi bahan bangunan, maka untuk membuat biaya pembangunan rumah tetap murah, anda bisa menomorduakan kualitas bahan bangunan. Eits, tunggu dulu. Meskipun material yang dipakai bukanlah yang terbaik, namun anda tetap harus selektif dalam memilihnya. Pilih produk bahan bangunan berkualitas menengah dan tidak gampang rusak. Usahakan bahan tersebut dibuat oleh pabrikan terkenal dan bukan barang murahan.

4. Tidak Perlu Diberikan Finishing Secara Keseluruhan

Untuk menekan anggaran yang lebih banyak, siasat lainnya adalah memberikan finishing pada bagian-bagian yang diperlukan saja, sementara bagian yang lainnya dibiarkan tetap terekspos. Meskipun pada dasarnya tujuan pembuatan konsep ini bukan untuk menghemat biaya, anda bisa mempertimbangkan penerapan konsep rumah natural dan rustic. Kedua jenis aliran desain arsitektur ini mengandalkan material alami sebagai penghias dan penghidup suasana.

5. Rumah Berkonsep Sederhana

Anda juga bisa mempertimbangkan pembangunan rumah yang bergaya sederhana dan tidak neko-neko. Perlu anda ketahui bahwa biaya yang dibutuhkan untuk membangun dinding berbentuk datar lebih sedikit dibandingan dengan dinding yang rumit dan dekoratif. Meskipun begitu, rumah yang terlihat sederhana ini bisa tetap menarik asalkan diolah dan disempurnakan dengan teknik yang tepat.

6. Hindari Tambal Sulam Bangunan

Pastikanlah rancangan desain rumah yang anda buat sudah benar-benar selesai sebelum proses pembangunan dimulai. Perubahan dan penyempurnaan konsep rumah (tambal sulam) yang dilakukan selama proses pembangunan akan mengakibatkan biaya membengkak dari perkiraan sebelumnya. Bahkan, proses tambal sulam ini juga dapat menyebabkan pemborosan anggaran.

7. Meniru Rumah-rumah di Perumahan

Anda juga bisa meniru sentuhan-sentuhan yang dilakukan oleh pengembang properti dalam membangun produk perumahannya. Sebagai contoh, cobalah mengaplikasikan warna-warni yang berani pada dinding eksterior rumah, menambahkan hiasan dinding dekoratif seperti lis dan benangan, atau memanfaatkan corak yang ada pada material alami sebagai aksen bangunan. Anda juga dapat mencontoh bentuk unit-unit di perumahan yang umumnya memiliki dinding depan yang cenderung datar dan menerapkan model atap pelana yang dipermanis dengan portal, sehingga tampilan rumah tetap terlihat mempesona.