Desain
Jan22

7 Tips Mengatur Desain Dapur Ukuran Sempit

Siapa bilang dapur berukuran sempit sudah pasti tidak nyaman? Justru untuk rumah tinggal, dapur dengan ukuran minimalis semacam ini menawarkan berbagai keuntungan. Yang pertama, lingkungan dapur lebih gampang dibersihkan. Selanjutnya, anda pun dapat melakukan berbagai hal sekaligus di dapur dengan ukuran terbatas. Tak lupa, dapur yang sempit mempermudah anda dalam meraih barang-barang yang sedang diperlukan.

tips-mengatur-dapur-sempit.jpg

Gambar Dapur Sempit Bernuansa Modern

Kali ini, arafuru punya tujuh tips mengatur dapur sempit untuk anda.

  1. Pada dapur berukuran sempit, usahakan anda menghindari pemakaian lemari. Hal ini dikarenakan umumnya lemari akan menimbulkan perasaan penuh dan sesak. Sebagai gantinya, cobalah memakai rak terbuka sebagai tempat meletakkan perabotan masak.
  2. Akan tetapi jika anda tetap memaksakan diri untuk menghadirkan lemari, solusinya gunakan lemari berbahan kaca transparan. Sifatnya yang tembus panda memungkinkan lemari semacam ini mampu menciptakan kesan dapur yang lebih luas dari ukuran aslinya. Kelebihan lain, karena lemari selalu tertutup, anda bisa memastikan peralatan di dalamnya selalu bersih dari debu.
  3. Disarankan melapisi dinding dapur dengan ubin keramik berwarna putih. Bahan keramik merupakan bahan yang mudah dibersihkan, sehingga anda tidak perlu khawatir dinding terkena noda. Sedangkan pemilihan warna putih ditujukan agar mampu mengesankan dapur terlihat lapang.
  4. Sebisa mungkin hindarilah menumpuk berbagai perabotan di dapur. Gunakan peralatan masak yang memang biasa anda pakai dan singkirkan perabotan yang tidak diperlukan dari dapur. Disarankan juga memilih alat-alat dengan model sederhana dan warna sama, sehingga susunannya tampak rapi.
  5. Anda bisa memanfaatkan perabotan dapur yang bersifat serbaguna untuk menghemat ruangan. Contohnya ketika anda mengusung desain dapur terbuka, meja yang ada di tengah-tengah dapur bisa dijadikan bar sekaligus meja makan.
  6. Memisahkan peletakan perabotan makan dan peralatan masak juga terbukti efektif membuat dapur kecil tetap nyaman. Cobalah menyediakan tempat khusus untuk alat-alat ini. Anda bisa memberikan tempat untuk mixer, blender, microwave, dan lain-lain.
  7. Pastikan anda menata dapur sedemikian rupa sehingga menjadi tempat yang ideal untuk memasak. Misalnya, penataan kompor yang dekat dengan wastafel memudahkan anda dalam mengolah makanan sekaligus memastikan kebersihannya. Begitu pula dengan proses memotong sayuran dan mencucinya jadi lebih gampang.