Desain
Nov10

7 Tips Mendesain Eksterior Rumah biar Lebih Menarik

Ingin mendesain eksterior rumah tinggal anda agar tampak semakin menarik? Seperti kita ketahui, eksterior merupakan area rumah yang berada di lingkungan luar. Karena letaknya tersebut, maka tampilan eksterior rumah ini juga akan mewakili ruangan interior di dalamnya. Apabila eksterior tampak begitu menarik, maka gambaran yang muncul pada interior pun sama menariknya. Begitu juga sebaliknya.

Berikut ini 7 ide mendesain lingkungan eksterior tempat tinggal anda.

1. Warna Pintu

mendesain-eksterior-rumah.jpg

Pintu utama merupakan focal point pada eksterior rumah. Tonjolkan keberadaan pintu tersebut dengan menghiasinya memakai warna kontras yang menarik perhatian mata. Namun ingat, pastikan warna ini bisa terpadu harmonis bersama cat dinding eksterior. Oranye, teal, merah, dan kuning bisa anda pertimbangkan untuk menghadirkan pintu yang tampak berbeda dari tetangga sekeliling rumah.

2. Knocker

ide-mendesain-eksterior-rumah.jpg

Meskipun jarang digunakan pada rumah-rumah di Indonesia, knocker (pengetuk pintu) juga bisa mempercantik tampilan suatu pintu rumah. Banyaknya ragam knocker saat ini tampak sangat menarik, mulai dari yang berbentuk ukiran, binatang, hingga miniatur. Memang knocker unik ini bisa membuat tampilan pintu utama jauh lebih menarik. Namun jika anda kurang menyukainya, bisa memilih knocker sederhana seperti bentuk lingkaran yang tampak dinamis.

3. Topiary

inspirasi-mendesain-eksterior-rumah.jpg

Untuk mengesankan tampilan jalan setapak menuju pintu utama, hiasilah dengan tanaman-tanaman yang berjejer rapi. Ada cukup banyak jenis tanaman unik yang bisa anda pelihara di sepanjang area masuk ini. Misalnya, tanaman bunga-bungaan dan tumbuhan berdaun hijau segar. Sementara itu untuk ide yang lebih unik, tentu saja menanam topiary yang dibentuk menjadi suatu karya seni yang hidup.

4. Nomor Rumah

desain-eksterior-rumah.jpg

Kebanyakan orang yang tinggal di pemukiman penduduk bukan perumahan, memandang sebelah mata keberadaan nomor urut rumahnya. Padahal, adanya nomor tersebut sangat penting untuk memudahkan seseorang menemukan tempat tinggal anda. Cobalah menambahkan pintu rumah yang terbuat dari ukiran kayu jati berplitur. Kesan alami dan mewahnya tampak indah sekali. Selain itu, anda juga bisa menghias nomor tersebut dengan uliran tanaman rambat yang nampak sangat alami.

5. Kotak Surat

mendekorasi-eksterior-rumah.jpg

Meskipun saat ini jarang sekali seseorang memanfaatkan layanan surat pos, tapi tak ada salahnya anda menghadirkan kotak surat ini untuk mengingatkan kembali kenangan-kenangan di masa kecil. Anda bisa menyambut kedatangan tukang pos tersebut dengan menyediakan sebuah kotak di samping pagar rumah. Buatlah desain kotak ini tampak berbeda dari biasanya dan terlihat sangat menonjol.

6. Lampu Teras

inspirasi-eksterior-rumah.jpg

Di samping lampu yang anda gunakan untuk menghiasi halaman depan rumah, anda juga bisa mempercantik eksterior rumah dengan memakai lampu teras yang elegan. Pada umumnya, lampu ini bercahaya putih kekuningan sehingga tampak sangat mewah dan mengundang. Dengan kesan hangat yang dipancarkannya, siapapun bakal tergoda untuk melongok ke rumah anda.

7. Keset

tampilan-eksterior-rumah.jpg

Siapa sangka keset yang hanya berfungsi sebagai pembersih alas kaki ini memiliki pengaruh besar terhadap desain eksterior rumah. Hal ini disebabkan karena model keset sekarang sudah sangat beragam dan menarik, sehingga fungsinya pun kian bertambah. Untuk menyambut tamu anda, usahakan keset yang dipajang cukup tebal agar terasa empuk di kaki. Sementara itu, jika anda ingin menghadirkan kesan yang tradisional, cobalah menambahkan keset berbahan sabut kelapa. Keset ini terasa sangat alami dan bisa dipadukan dengan berbagai gaya rumah, seperti modern, oriental, dan minimalis.