Desain
Mar8

7 Tips Mendekorasi Rumah Seperti di Katalog Properti

Seperti kita lihat, semua gambar rumah yang ada di katalog, tabloid, ataupun majalah selalu tampak istimewa dan indah. Penampilan yang sangat mengagumkan ini tentu bukan tersaji dengan sendirinya, melainkan berkat sentuhan dari para desainer interior.

tips-mendekorasi-rumah.jpg

Desain Rumah yang Indah

Sebagai orang awam, ternyata anda juga bisa lho mendekorasi interior rumah bak olah desain dari para desainer interior tersebut dengan mudah. Kuncinya terletak pada kejelian anda dalam mengetahui kiat-kiat sukses mendesain ruangan. Hal-hal berikut ini mungkin bisa membantu anda :

  1. Hal pertama, cobalah menciptakan suatu ketinggian dalam desain rumah dengan memanfaatkan vas berisi tanaman hijau, bunga, atau ranting-ranting sebagai penghias. Langkah ini sangat efektif meningkatkan dimensi interior, khususnya pada hunian berukuran mungil. Vas bunga yang dipenuhi daun akan membawa nuansa segar tanpa kesan feminin seperti pada hiasan bunga.
  2. Sadarkah anda bahwa nampan dengan desain dekoratif kerapkali dipakai untuk menghiasi interior rumah? Yap, nampan ini bisa diletakkan di ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, bahkan kamar mandi. Khusus di kamar mandi, nampan bisa digunakan untuk tempat peralatan mandi. Kombinasikan nampan tersebut dengan handuk berwarna putih agar terlihat semakin mewah dan bersuasana spa.
  3. Warna, bentuk, tekstur, dan ukuran bantal hias merupakan aksesoris yang sangat menarik. Anda bisa memadukan bantal-bantal hias tersebut untuk memberikan dimensi dan warna pada kursi dan sofa. Biarkanlah susunan bantal-bantal ini terlihat alami tanpa perlu diselaraskan mengembang seluruhnya.
  4. Bagi anda yang sudah terlanjur menghiasi rumah dengan warna berjenis netral dan dingin, anda bisa lebih menghidupkan suasana di dalamnya dengan menambahkan warna yang tampak mencolok. Misalnya, taruhlah vas berisi bunga mawar berwarna merah pekat, bantal hias berwarna-warni, ataupun kain gorden berwarna kuning menyala. Tetap jaga komposisi warna yang akan digunakan agar penampilan rumah tidak memusingkan mata akibat suasananya terlalu ramai.
  5. Pengaturan posisi furnitur memberikan andil yang cukup besar pada keseluruhan desain rumah anda. Khususnya di ruang makan, buatlah kursi agar memiliki sedikit jarak dengan meja makan. Sebab, memasukkan dudukan kursi ke kolong meja justru akan membuat ruang makan tidak terlihat mengundang. Sementara jika ruang makan menyatu dengan dapur, manfaatkanlah wajan-wajan cantik di atas kompor sebagai aksesoris ruangan.
  6. Penggunaan papan tulis di dalam rumah juga mampu menciptakan dekorasi bernuansa keakraban antar-keluarga yang sangat kental. Papan tersebut bisa anda gunakan untuk mencatat daftar belanja, memo, menggambar, bermain, dan hal-hal menarik lainnya. Tanpa anda sadari, papan tulis tersebut telah menjelma menjadi aksesoris unik yang kental dengan karakteristik anda sekeluarga.
  7. Manfaatkanlah perlengkapan-perlengkapan rumah tangga sebagai hiasan rumah yang tak terduga. Contohnya seperti pada kain lap yang menggantung di wastafel. Sebenarnya, kain tersebut juga bisa dipakai untuk memperindah tampilan rumah. Pilihlah kain dengan corak-corak yang tampak menarik, lalu letakkan di sisi wastafel atau permukaan counter top. Desain interior pun menjadi semakin menarik.