Desain
Jan2

7 Tips Lebih Mendesain Kamar Anak Laki-laki

Anda mungkin bingung dalam mendesain kamar anak laki-laki? Pekerjaan yang satu ini memang tidak mudah untuk dilakukan, tetapi cukup menantang. Kamar anak laki-laki harus didesain dengan baik untuk membuat suasananya terasa nyaman dan menyenangkan. Lebih bagus lagi apabila kamar tidur tersebut juga mampu menjadi inspirasi bagi penghuninya serta mendukung tumbuh kembang buah hati Anda menjadi anak yang sukses.

Terdapat banyak aspek yang perlu Anda perhatikan ketika membuat desain kamar anak laki-laki. Mulai dari perkara yang sepele misalnya tempat bergerak dan wadah penyimpanan barang sampai dengan hal-hal yang rumit. Selalu ingat karena ini merupakan kamar anak laki-laki Anda yang menjadi wilayah privasinya, maka Anda pun harus melibatkan dia dalam membuat desain. Dia pasti akan merasa gembira karena diberi kesempatan untuk berkreasi.

tips-mendesain-kamar-anak.jpg

Marilah kita mulai proyek ini untuk membuat desain kamar tidur buat anak laki-laki sebagus mungkin. Cobalah tanyakan terlebih dahulu bagaimana suasana dan dekorasi kamar tidur yang menjadi favorit anak Anda. Kemudian tanyakan apa karakter kartun atau superhero yang difavoritkannya. Sebab dari pertanyaan-pertanyaan sederhana semacam ini Anda bisa mendapatkan ide-ide yang sangat berguna untuk menciptakan kamar tidur impian.

Area Gerak

Anda harus menyadari kalau anak laki-laki mempunyai watak dasar yang berbeda dengan anak perempuan. Karakteristik utama anak laki-laki adalah pergerakannya sangat aktif. Dia membutuhkan area yang lebih luas untuk membuatnya dapat bergerak dengan leluasa. Sediakan ruang gerak yang cukup agar dia merasa nyaman. Apabila ruangan yang tersedia tidak begitu besar, Anda bisa menggunakan tempat tidur dengan model tingkat supaya tersedia ruang kosong di bawahnya.

Wadah Penyimpanan

Anak laki-laki Anda pasti mempunyai barang bawaan dalam jumlah banyak yang telah Anda berikan, kan? Tanpa Anda sadari, jumlah barang tersebut lama-kelamaan bertambah semakin banyak. Kami yakin buah hati Anda pasti sering merasa malas menatanya setiap hari. Biar kebersihan dan kerapian kamar selalu terjaga, Anda harus membelikan sebuah lemari penyimpanan yang ukurannya cukup besar. Pilih lemari yang tidak terlalu tinggi sehingga dia bisa menjangkau seluruh bagiannya.

Lantai Aman

Karena dia sepertinya tidak mau diam, Anda harus menyediakan ruang gerak yang benar-benar aman. Apalagi jika anak laki-laki Anda masih berusia di bawah 10 tahun, faktor keamanan wajib diperhatikan pertama kali. Khusus untuk lantai, gunakan material yang aman, nyaman, dan menarik. Misalnya seperti lantai parket, lantai kayu, atau lantai vinyl. Kalau kamar tidur sudah menggunakan lantai keramik, lantai marmer, lantai granit, atau lantai yang keras lainnya, pakailah karpet untuk membuatnya aman.

Warna Netral

Kamar untuk anak-anak memang sebaiknya menggunakan warna-warni yang colorfull. Tujuannya supaya dia tetap merasa ceria dan melatih pemikirannya tentang warna. Namun bila Anda menginginkan warna yang dapat bertahan dalam waktu yang lama, pilihlah warna netral seperti putih, abu-abu, atau cokelat krem. Anda masih bisa membuat suasana kamar tidur tampil penuh warna dengan bermain pewarnaan pada furnitur-furnitur pelengkapnya.

Tempat Belajar

Kamar tidur anak harus dilengkapi dengan tempat khusus untuk belajar. Jangan sampai Anda menghilangkan area yang satu ini. Tempat belajar akan membuat buah hati Anda senang terhadap aktivitas belajar. Kuncinya adalah buat tempat belajar sebagai titik fokus di dalam kamar. Anda bisa menciptakan tempat belajar yang paling cocok untuknya dengan menghadirkan benda-benda kesukaannya. Misalnya jika Anak Anda suka dengan robot, maka sediakan rak khusus berisi robot-robotan di dekat tempat belajar.

Kesukaan Anak

Sebenarnya mudah sekali untuk membuat kamar tidur yang disukai oleh anak-anak. Rahasianya terletak pada hal-hal yang disukai oleh anak tersebut. Cukup dengan menampilkan item-item yang menjadi favoritnya, dijamin anak Anda pasti suka sekali dengan kamar tidur barunya. Oleh karena itu, kami selalu menyarankan keterlibatan si buah hati saat mendesain kamar tidur anak. Dengan begini Anda bisa tahu apa sih yang disukainya.

Penerangan Terbaik

Faktor terakhir ini kerap dilupakan oleh para orang tua dengan alasan ingin menghemat listrik. Padahal sistem penerangan ini sangat penting bagi anak Anda supaya bola matanya tetap sehat. Jadi Anda harus memastikan kamar tidur memiliki pencahayaan yang cukup terang. Sediakan jendela atau ventilasi udara sebagai tempat cahaya alami masuk. Kemudian untuk malam harinya harus didukung dengan lampu yang cahayanya cukup, tidak terlalu redup atau terlalu terang.