Desain
Jul12

Yuk, Ciptakan Desain Dapur Kecil yang Cantik

desain-dapur-kecil.jpg

Ingin menata desain dapur kecil minimalis? Ruang dapur seringkali disebut juga sebagai jantungnya rumah. Sebab selain digunakan untuk memasak, ruang ini juga mempunyai fungsi tambahan yang begitu banyak. Dari mulai tempat bermain, menikmati makanan, mengobrol, nge-teh, ruang koleksi, sampai studio seni.

Beberapa tahun terakhir, banyak orang yang memilih membangun dapur dalam ukuran kecil saja. Selain karena faktor ekonomi, gaya hidup di masyarakat perkotaan pun menuntut demikian. Jika Anda adalah salah satu pemilik rumah dengan dapur seperti ini. Kini Anda bisa memiliki suasana dapur yang nyaman di rumah Anda dengan ide-ide di bawah ini :

Pelajari Fungsi Dapur di Rumah Anda

Langkah pertama adalah dengan mengamati dan memahami bagaimana ruangan tersebut akan digunakan oleh keluarga Anda. Beberapa keluarga mengaku senang menghabiskan waktu santainya di dapur. Sementara keluarga yang lain memilih menjadikan dapur juga sebagai ruang makan. Dengan memperhatikan fungsi dan penggunaan dapur terlebih dahulu, Anda bisa menemukan ide lebih banyak dalam merencanakan tampilan setiap sudut ruangan.

Titik Fokus di Dapur

Coba perhatikan seisi rumah Anda dan amati bagaimana titik fokus setiap ruangan dibuat. Titik fokus merupakan pusat pandangan di setiap ruangan. Sebagai contoh, di ruang keluarga Anda bisa menemukan perapian sebagai titik fokusnya. Sedangkan di kamar tidur, titik fokusnya adalah tempat tidur. Lantas apa titik fokus di dapur kecil? Tidak lain adalah seluruh sudut di ruangan tersebut. Jadi ketika Anda ingin menciptakan titik fokus di dapur, pertimbangkan bagaimana cara Anda menata setiap sudut ruangan. Lihat dapur sebagai sebuah kesatuan desain.

Misalnya dalam pemilihan warna cat dinding, gunakan cat yang berwarna sama ke seluruh ruangan untuk menjaga pandangan tidak tertuju pada satu titik. Selain itu warna furnitur yang digunakan pun sebaiknya senada dengan warna dinding. Termasuk motif dan pola apabila menggunakannya.

Pemilihan Rak

Salah satu cara untuk menghemat ruangan di dapur adalah Anda bisa memasang beberapa rak gantung. Fungsi dari rak ini yaitu sebagai tempat meletakkan perabotan makan seperti piring dan gelas. Pilih rak terbuka, dari bahan kayu dan kaca untuk menghadirkan suasana dapur yang bersih. Sementara rak akrilik bisa menambah kesan luas di ruangan dapur. Susun perabotan piring dan gelas, serta gunakan warna piring yang sama agar terlihat rapi dan menarik.

Pemilihan Warna Furnitur

Adapun untuk warna furnitur yang digunakan, baik itu kabinet, perabotan, maupun karpet, sebaiknya memiliki warna yang sama. Tujuannya adalah untuk menciptakan suatu tampilan desain yang mengalir dan seimbang. Pilih model furnitur yang sederhana, tanpa banyak ornamen di permukaannya. Ganti pintu kabinet dengan kaca dan cat bagian dalamnya dengan warna seperti dinding ruangan. Adapun untuk peletakan kabinet yang ideal adalah berjarak 18 inchi ke atas dari meja dapur. Namun, jika Anda berencana memasang kabinet sampai menyentuh langit-langit boleh-boleh saja.

Pemberian Warna

Tahukah Anda bahwa warna mampu menciptakan kesan emosional tertentu pada penglihatnya. Mewarnai dapur merupakan cara termudah untuk menciptakan suasana dapur yang diinginkan. Misalnya warna-warna dingin seperti biru bisa menciptakan ruangan dapur yang terlihat luas. Sementara itu, warna-warna hangat seperti merah tua bisa membawa suasana dapur yang lebih akrab.

Lantai dan Langit-langit

Setelah Anda selesai menghias bagian dinding dapur, jangan lupa untuk menyentuh bagian langit-langit dan lantainya juga. Dapur kecil akan semakin cantik jika ditata dari bagian bawah sampai atasnya. Hiasi lantai dengan menambahkan karpet untuk memberikan tekstur dan warna. Sedangkan untuk bagian langit-langit, bisa Anda tambah dimensinya melalui teknik pencahayaan. Hindari menggunakan warna putih dan warna terang lainnya pada langit-langit agar pandangan tidak silau saat menghadap ke atas.

Barang Mewah

Untuk menambah nilai desain dapur, Anda bisa memberikan sentuhan barang mewah di sana. Yang dimaksud dengan barang mewah di sini bukan sekedar harganya yang mahal, tetapi lebih ke barang yang unik dan terlihat elegan. Contohnya meja marmer memang terlihat sangat mewah, namun harganya terlalu mahal. Anda bisa menggantinya dengan meja dari batu alam yang unik atau sebuah lampu gantung antik.

Tags: dapur
  • SHARE!

Related Posts