Desain
Apr8

7 Tips Dekorasi Rumah Kecil Agar Berkesan Luas

Apakah anda ingin mendekorasi rumah kecil agar berkesan luas? Mempunyai rumah yang berukuran kecil bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan kenyamanan di dalamnya. Masalah utama pada rumah semacam ini terletak pada keterbatasan ruang. Dengan memanfaatkan teknik-teknik dekorasi yang tepat, rumah pun akan terasa nyaman dan lapang.

tips-mendekorasi-rumah-kecil.jpg

Interior Rumah Ukuran Kecil

Yap, harga rumah yang terus meroket memaksa masyarakat berpikir keras untuk mendapatkan rumah idamannya. Sebagai alternatif, rumah mungil yang berharga lebih miring pun tak masalah asalkan bisa menjadi tempat tinggal untuk mengistirahatkan badan. Dengan menerapkan ketujuh tips di bawah ini, interior rumah kecil tetap akan terasa luas :

  1. Hindari memasukkan perabot rumah tanggal dalam jumlah yang banyak. Perlu diketahui bahwa penempatan setiap furnitur dan aksesoris akan memakan sebagian ruangan. Oleh karena itu, tidak perlu membeli perlengkapan rumah secara berlebihan, melainkan seperlunya saja sesuai kebutuhan.
  2. Semakin terang suasana di dalam rumah anda, maka kesan yang ditimbulkan akan semakin terasa luas. Selain pemanfaatan sinar matahari dari samping, anda juga bisa menghadirkan jendela di bagian atap sehingga sinar matahari menyorot tajam ke bawah. Bahkan teknik pencahayaan dari atas ini mampu memancarkan cahaya alami yang lebih kuat karena tepat mengenai lantai dan menyebarkannya ke seluruh sudut ruangan. Sehingga ilusi ruangan yang lapang pun terasa kuat.
  3. Perlu diketahui, putih merupakan warna terbaik untuk ruangan-ruangan yang berukuran kecil. Warna ini mampu memantulkan cahaya dengan baik, sehingga interior tampak terang. Pun warna putih juga dapat dikombinasikan bersama warna-warni lain dengan mudah. Direkomendasikan jangan pilih lantai keramik, tetapi gunakanlah lantai marmer supaya dapat mengangkat nilai rumah terlihat mewah.
  4. Tidak berbeda jauh dengan saran warna lantai, cat yang akan diaplikasikan di dinding pun sebaiknya memakai warna-warni yang cerah dan lembut. Sebagai contoh, anda bisa memanfaatkan penggunaan warna-warni pastel. Selain terasa nyaman di mata, warna-warni ini pun memudahkan anda dalam mendekorasi interior dan membuat rumah terasa lapang.
  5. Untuk menekan jumlah penggunaan furnitur, anda bisa mengatasinya dengan memilih furnitur-furnitur yang bersifat multifungsi. Furnitur ini memiliki lebih dari satu kegunaan sehingga sekaligus bisa merangkap menjadi furnitur lain. Misalnya tempat tidur yang dilengkapi laci di kolongnya sebagai lemari, meja yang bisa dibentuk kursi, dan lain-lain.
  6. Apabila anda ingin menghias rumah memakai wallpaper, pilihlah kertas wallpaper yang bermotif besar-besar. Motif gambar berbentuk besar akan turut membuat interior terasa besar dan lapang. Sebaliknya, corak-corak yang kecil justru akan menciptakan pemandangan yang rumit dan memusingkan mata.
  7. Model rumah yang paling tepat untuk hunian berukuran terbatas adalah bangunan yang bertingkat. Namun jika dana yang anda miliki masih cekak, tidak perlu kok mendirikan lantai kedua yang luas, melainkan cukup yang perlu-perlu saja. Misalnya buat sedikit anak tangga di ruang tamu untuk menghubungkannya dengan kamar tidur di bagian atasnya.

Jadi, sekarang tidak usah bingung lagi apabila rumah yang anda miliki berukuran kecil!