7 Tips Dasar Menata Rumah Kecil Sederhana

Ukuran suatu rumah bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan tingkat kenyamanannya. Tidak masalah apakah rumah Anda berukuran kecil atau besar, Anda tetap bisa membuatnya terasa nyaman. Anda bisa menciptakan keluarga kecil milik Anda sendiri yang bahagia di sana. Malahan memiliki rumah yang berukuran kecil mempunyai keuntungan tersendiri. Bagaimana pun Anda dapat membersihkan dan merawatnya dengan lebih mudah, kan?

Rumah yang kecil juga bisa didesain sesuai keinginan Anda. Anda bisa membuat desain rumah minimalis, modern, elegan, klasik, natural, etnik, bahkan mewah sekali pun. Namun bagi Anda yang ingin tampil simpel dengan rumah kecil Anda, cobalah mengusung konsep sederhana. Ini merupakan salah satu konsep yang paling banyak dipilih di rumah-rumah di Indonesia. Dengan konsep ini, Anda sekeluarga tak hanya akan nyaman, tetapi juga merasa tenang saat tinggal di dalamnya.

Yuk, ikuti tips-tips menata rumah kecil dengan desain sederhana di bawah ini :

Jangan Berlebihan

Pada intinya, konsep sederhana merupakan konsep yang mengusung desain apa adanya pada suatu rumah. Dengan menerapkan gaya ini berarti Anda benar-benar menonjolkan keberadaan rumah tersebut secara jujur. Tak ada sesuatu yang dilebih-lebihkan pada rumah Anda. Semua elemen yang membangun rumah tampil seperti seharusnya. Keindahan rumah tercipta dari struktur-struktur bangunan yang dibuat dengan bentuk sederhana. Terangkai menjadi satu, bentuk sederhana ini mampu memperlihatkan pesonanya tersendiri.

desain-rumah-sederhana.jpg

Sedikit itu Banyak

Kesederhanaan adalah kunci utama untuk mendesain rumah dengan gaya sederhana. Untuk menghadirkan nuansa yang penuh kesederhanaan, Anda perlu membatasi jumlah barang. Pikirkan baik-baik item yang memang dibutuhkan oleh Anda sekeluarga. Produk inilah yang boleh dimasukkan ke rumah. Lebih sedikit maka akan lebih bagus sebab kita harus menjaga kesederhanaannya. Rumah Anda merupakan tempat tinggal, bukan gudang penyimpanan. Jadi Anda harus lebih mementingkan kenyamanannya daripada daya tampungnya.

menata-rumah-kecil-sederhana.jpg

Rumah yang Lapang

Di rumah yang sederhana, para penghuninya justru lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berkumpul bersama di dalam rumah. Mereka tampak sangat menikmati setiap momen kebersamaannya dengan anggota keluarga yang lain. Untuk menciptakan suasana tersebut, kondisi interior harus lapang. Lapang tidak selamanya berarti luas. Interior dikatakan lapang bila penghuninya dapat bergerak dengan mudah. Anda bisa mewujudkan interior yang lapang dengan mengatur tata letak barang secara tepat.

rumah-yang-sederhana.jpg

Gunakan Warna Natural

Menyatu dengan alam termasuk salah satu konsep dasar kesederhanaan. Buatlah rumah yang seolah-olah dibuat oleh alam sehingga dapat menyatu bersama lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan warna-warna natural untuk keperluan tersebut. Beberapa warna cat yang kami rekomendasikan di antaranya putih, krem, cokelat, beige, hijau, hijau pupus, tosca, biru langit, kuning pucat, abu-abu dan turunannya, serta warna-warna pastel. Tak hanya natural, warna-warna ini juga akan membuat rumah kecil Anda terlihat lebih luas.

tips-menata-rumah-kecil.jpg

Perbanyak Jumlah Bukaan

Rumah yang sederhana harus mampu membaur secara harmonis dengan lingkungan sekitar. Rumah tersebut mampu memanfaatkan segala potensi yang dimiliki oleh alam, termasuk sinar matahari dan udara yang segar. Sinar matahari membuat keadaan di dalam rumah menjadi terang. Sedangkan udara yang penuh dengan oksigen akan menyegarkan suasana di dalamnya dan mengusir bau tak sedap dari rumah. Memperbanyak jumlah bukaan, seperti jendela dan ventilasi udara, akan membantu Anda menciptakan rumah yang sederhana.

tips-menata-rumah-sederhana.jpg

Pilihlah Bentuk yang Tegas

Benda-benda yang berbentuk tegas terlihat begitu sederhana. Berbeda sekali dengan benda-benda yang memiliki bentuk rumit, penuh dengan aksen dekoratif, atau benda yang berbentuk lengkung jauh dari konsep sederhana. Jadi untuk memenuhi kebutuhan furniture dan aksesori rumah, Anda sebaiknya memilih produk yang bentuknya sederhana. Misalnya seperti kotak, persegi panjang, atau segi banyak yang tegas. Hindari memasukkan benda yang dihiasi oleh ornamen seperti ukiran karena tidak sesuai dengan konsep kesederhanaan.

Tanam Tumbuh-tumbuhan

Tak ada alasan bagi Anda untuk tidak menghadirkan tanaman di rumah. Sekecil apapun ukuran rumah yang Anda miliki, Anda tetap bisa menanam tumbuh-tumbuhan dengan cara alternatif. Contohnya memakai pot, polybag, kotak kayu, atau rak susun. Adanya tanaman di lingkungan sekitar rumah akan membawa aroma natural yang begitu kuat. Kesan sederhana pun bakal langsung terasa meskipun dengan memandangnya saja. Terlebih jika Anda memilih menanam tumbuh-tumbuhan khas Indonesia.