Desain
Oct21

7 Software Terbaik untuk Membuat Desain Rumah

Apakah Anda ingin belajar membuat desain rumah sendiri? Desain rumah pada dasarnya merupakan gambar yang mengilustrasikan bagaimana rupa dari rumah yang akan dibuat sesungguhnya. Proses pembangunan rumah dapat terlaksana lebih mudah, cepat, dan akurat apabila dibuatkan desainnya terlebih dahulu. Kita bisa mengotak-atik sesuka hati tata ruang dari rumah yang bakal dibangun. Kalau ada bagian yang kurang sreg, kita pun dapat langsung membetulkannya ke posisi yang pas.

Anda bisa membuat desain rumah secara manual atau menggunakan bantuan software. Pembuatan desain rumah dengan metode manual dilakukan memakai pensil, kertas, dan penggaris. Meskipun kelihatannya kuno, tetapi masih banyak desainer profesional yang menggunakan metode ini. Kemudahan adalah salah satu alasannya. Cukup bermodalkan secarik kertas dan pensil warna, maka karya pun bakal langsung tercipta. Namun ukuran yang dihasilkannya tidak terlalu akurat.

software-membuat-desain-rumah.jpg

Software desain rumah mempermudah pekerjaan para arsitek, drafter, serta desainer interior dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Anda yang sedang ingin belajar mendesain rumah pun ikut terbantu karena software-software tersebut dilengkapi dengan antarmuka yang bersifat ramah terhadap penggunanya. Tetapi banyaknya software yang tersedia saat ini sering kali menyebabkan kita kebingungan untuk memilih software yang terbaik. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan 7 software desain rumah terbaik versi Arafuru!

  1. SketchUp

SketchUp atau Google SketchUp adalah program komputer yang dapat digunakan untuk membuat model 3D apapun. Namun pada prinsipnya aplikasi ini ditujukan untuk menggambar bangunan arsitektural, desain interior, arsitektur lanskap, teknisi mekanik, dan sipil. SketchUp bisa juga loh dipakai untuk membuat film animasi atau video game. Kelebihan dari SketchUp antara lain 100% gratis, memiliki tools cukup lengkap, dan dilengkapi interface yang user-friendly. Anda bisa mendownload SketchUp secara gratis di www.sketchup.com.

  1. AutoCAD Architecture

AutoCAD bisa dibilang merupakan software pionir untuk urusan gambar-menggambar model 3D. Software buatan Autodesk ini juga mempunyai versi spesial untuk menggambar desain rumah yaitu AutoCAD Architecture. Ini adalah perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk mendukung pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan bidang arsitektural. Di dalamnya tersedia berbagai tools dengan fungsi yang sangat lengkap. AutoCAD Architecture merupakan software berbayar. Tetapi Anda bisa mencoba memakainya secara gratis selama 30 hari. Silakan kunjungi www.autodesk.com untuk mendapatkan penawarannya.

  1. ArchiCAD

Kalau Anda bertanya software apa yang benar-benar diperuntukkan bagi arsitek, drafter, atau desainer interior? Jawabannya adalah ArchiCAD. Software ini diciptakan oleh perusahaan teknologi ternama asal Hungaria yaitu Graphisoft. ArchiCAD telah ditanami dengan alat-alat (tools) yang lengkap sekali. Dari mulai tools yang memiliki fungsi sederhana sampai dengan tools untuk pekerjaan yang rumit pun ada. Namun bukan berarti ArchiCAD tidak cocok untuk pemula. Justru bila Anda belajar mendesain rumah dari software yang sulit, maka software-software lain pun bisa dikuasai dengan cepat. Pembelian ArchiCAD bisa dilakukan di www.graphisoft.com.

software-terbaik-desain-rumah.jpg

  1. Autodesk Revit

Revit adalah software desain bangunan pertama buatan Autodesk. Software ini dirilis pertama kali pada tanggal 5 April 2000. Karena beberapa orang terbiasa dengan antarmuka AutoCAD, maka Autodesk pun menciptakan software lain yaitu AutoCAD Architecture. Tetapi adanya AutoCAD Architecture tidak serta-merta menggantikan Revit di hati penggemarnya. Faktanya hingga kini pengembangan Autodesk Revit masih terus dikerjakan. Revit memiliki kekhasan sebagai software BIM (Building Information Modeling). Autodesk Revit bisa dibeli di www.autodesk.com.

  1. Vectorworks

Vectorworks ialah software desain yang sangat bagus untuk pekerjaan pembuatan arsitektur, lanskap, dan industri hiburan. Software ini bisa diinstal ke dalam komputer yang memiliki sistem operasi Windows atau Macintosh. Anda bisa membuat model yang berjenis 2D serta 3D menggunakan software yang satu ini. Anda juga bisa menampilkan gambar desain yang telah dibuat dalam penampakan yang bersifat realistis. Meskipun Vectorworks merupakan software berbayar, namun tersedia pula versi trial yang bisa Anda gunakan untuk sekadar coba-coba dalam beberapa hari ke depan. Ketahui Vectorworks lebih jauh di www.vectorworks.net.

  1. Digital Project

Digital Project merupakan software komputer yang berbasis CATIA V5. Ini adalah sebuah software buah karya Gehry Technologies yang merupakan perusahaan milik arsitek ternama yaitu Frank Gehry. Digital Project pertama kali dirilis pada Januari 2013 dan masih eksis sampai sekarang. Sebagai software buatan arsitek, tentunya Digital Project mempunyai semua alat yang dibutuhkan oleh seorang arsitek dalam menyelesaikan tugasnya. Anda bisa mencoba software ini karena penggunaannya di Indonesia masih terbilang jarang. Pembelian software Digital Project bisa dilakukan di www.digitalproject3d.com.

  1. 3D Home Architect

Software lain yang patut digunakan untuk menggambar arsitektur rumah adalah 3D Home Architect. Anda yang masih pemula sangat kami rekomendasikan untuk belajar software yang satu ini. 3D Home Architect adalah software desain rumah yang paling mudah dipelajari setelah SketchUp. Walaupun jumlah tools di dalamnya tidak terlalu banyak, tetapi semuanya sangat penting untuk mendukung pekerjaan Anda. Hasilnya ialah Anda bisa membuat gambar rumah dengan lebih cepat dan lebih mudah.