Desain
Mar16

7 Inspirasi Desain Kolam Ikan Koi

Jika ditanya ikan apa yang paling bagus dipelihara di kolam? Kami yakin anda akan menyebutkan ikan koi sebagai salah satu pilihannya. Ikan koi memang cantik. Apalagi coraknya yang beraneka warna, terutama pada punggungnya.

Kecantikan ikan koi akan sempurna manakala anda membuatkan kolam yang indah untuknya. Kolam dengan ukuran yang tepat, tanaman air yang indah, serta pancuran air di atasnya. Pastinya akan memanjakan si ikan sekaligus anda manakala ingin bercengkrama dengan si ikan dewa ini.

Pada artikel kali ini, kami akan berfokus pada bagaimana merancang desain kolam ikan koi dengan berbagai konsep dan gaya. Di artikel selanjutnya akan kami bahas kolam ikan yang lebih spesifik lagi.

kolam-ikan-koi.jpg

Di kolam pertama ini, kami menitikberatkan pada fungsionalitas kolam ketimbang tampilannya. Bentuk kolam cukup simpel, yakni hanya kotak persegi panjang. Pada bagian atas dilengkapi dengan semacam pancuran sebagai penghadir oksigen di air. Kunci dari desain ini terletak pada pemilihan lokasi yang tepat agar koi yang dipelihara tidak menjadi stres. Desain seperti ini cocok bagi anda yang ingin membudidayakan jenis ikan ini.

Kolam kedua menunjukkan bagaimana desain sederhana bisa tampil lebih menarik hanya dengan memberikan sedikit sentuhan yang tepat. Pada gambar di atas, kami mencoba menambahkan batu hitam sebagai penegas keberadaan kolam. Batu dibentuk sedemikian rupa sehingga mampu menyatukan taman yang ada di sampingnya.

Apabila anda ingin membangun kolam koi di sudut halaman, dan di sana sudah terdapat tembok yang cukup tinggi. Jangan sia-siakan eksistensi tembok tersebut. Anda bisa membuat semacam vertical garden atau air terjun buatan. Pastinya kolam akan semakin indah.

Kolam ikan koi bergaya minimalis sebetulnya memiliki bentuk yang sederhana. Namun, agar tampilannya menjadi modern diperlukan trik khusus. Apakah itu? Di sini kami memasang lantai di sekitar kolam agar terlihat lebih modern. Sebenarnya lantai kayu ini hanya sebagai opsi saja, anda bebas memilih jenis lantai apapun asalkan tampilannya modern.

Kolam ikan dengan jembatan di tengahnya juga masih eksis sampai saat ini. Berkreasilah dalam bentuk jembatannya, semisal membuat jembatan melengkung seperti terlihat pada gambar di atas. Kehadiran jembatan ini bahkan mampu menyatukan perasaan pemilik dengan ikan-ikan yang dipeliharanya.

Apabila anda berniat memiliki kolam sebagai penghilang stres, ciptakan suasana yang tenang di lingkungan kolam tersebut. Selain memelihara ikan dalam jumlah yang cukup, berkonsentrasilah pada pembuatan dekorasi taman yang tepat. Gambar di atas bisa menjadi contoh anda. Bisa dilihat di sini kami memilih pepohonan yang mempunyai daun indah. Ini gunanya agar suasana yang diinginkan bisa dipertahankan lebih lama.

Terakhir, untuk anda yang ingin membuat kolam ikan koi di dalam rumah. Jadikanlah kolam sebagai aksen utama di rumah anda. Tonjolkan keberadaannya dan buat siapapun yang bertamu ke rumah terpana olehnya. Pada gambar di atas, kami sengaja memilih lampu bercahaya kuning karena kemampuannya dalam menciptakan efek elegan.