Desain
Nov4

6 Tips Menyulap Interior Rumah Gelap Menjadi Terang

Ingin merubah rumah anda yang gelap menjadi lebih terang? Memang tidak nyaman ya jika tinggal di rumah yang minim cahaya. Selain pesonanya tidak terlihat, rumah pun terasa sempit dan pengap. Namun apa daya, membangun jendela tidak bisa dilakukan karena kondisi rumah yang terlalu berhimpitan dengan tetangga.

Eits tunggu dulu, anda masih bisa kok menciptakan rumah yang lebih terang meskipun tanpa jendela. Berikut ini rahasianya :

1. Warna Dinding

rumah-gelap-menjadi-terang.jpg

Warna terang mampu meneruskan cahaya yang ada di dalam rumah. Karena sifatnya ini, anda sebaiknya memilih warna terang untuk menghiasi rumah yang gelap. Dari sekian banyak jenis warna terang, tentu putih lah yang paling baik. Hanya saja, terkadang warna putih ini tampak membosankan. Oleh karena itu, anda bisa memilih jenis warna putih yang tidak polos. Misalnya adalah putih kecoklatan, putih kebiruan, atau putih kehijauan. Selanjutnya, lukiskan warna ini pada dinding dan plafon ruangan.

2. Hiasan Dinding yang Segar

merubah-rumah-gelap-menjadi-terang.jpg

Tentu saja, anda tidak bisa membiarkan dinding rumah tampil monoton tanpa hiasan apapun. Nah, biasanya kebanyakan orang akan menggantungkan foto dan lukisan di dinding ini. Agar interior lebih terang, usahakan pajangan dinding yang dipakai ini menggambarkan suasana yang menyegarkan, seperti pemandangan di daerah pantai atau padang rumput. Hindari lukisan yang tampak kelam karena akan mengakibatkan ruangan semakin suram.

3. Furnitur Kaca

mendesain-rumah-gelap-menjadi-terang.jpg

Sifatnya yang tembus pandang membuat keberadaan furnitur berbahan kaca ini seolah tidak ada. Selain itu, furnitur juga nampak semakin mewah berkat kilauan sinar yang dipantulkannya. Cobalah mengaplikasikan bahan kaca ini pada meja, lemari, dan rak dinding.

4. Cermin

mendekorasi-rumah-gelap-menjadi-terang.jpg

Penambahan cermin di suatu ruangan akan melipatgandakan jumlah cahaya di ruangan tersebut. Di saat yang bersamaan, cermin juga membuat tampilan ruangan menjadi tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya. Anda bisa menempelkan cermin berukuran besar ini di salah satu dinding ruangan agar efeknya semakin terasa.

5. Lantai Keramik

rumah-gelap-menjadi-lebih-terang.jpg

Lantai keramik terkenal akan permukaannya yang mengkilap. Itu sebabnya, sifat keramik juga mirip dengan cermin yakni akan membuat ruangan lebih terang. Selain pada lantai, keramik juga dapat diaplikasikan pada dinding interior. Usahakan keramik yang dipilih berwarna terang agar dapat meneruskan cahaya dengan baik.

6. Furniture Akrilik

rumah-gelap-menjadi-semakin-terang.jpg

Jika ingin rumah lebih terang, hiasi interiornya dengan furnitur berbahan akrilik. Sama seperti kaca, akrilik juga bersifat tembus pandang. Bedanya, jika kaca hanya memiliki warna bening, maka akrilik ini mempunyai warna-warni yang tipis. Biasanya, bahan akrilik ini diterapkan pada kaki furnitur, kaca lemari, kap lampu, dan vas bunga.