6 Tips Mendekor Rumah Minimalis ala Anak Milenial

Mungkin Anda ingin mendekor rumah minimalis tapi tidak tahu bagaimana cara memulainya? Tenang saja karena kami dari Arafuru.com akan membantu Anda mewujudkannya. Namun sebelumnya Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu desain minimalis? Desain minimalis adalah desain rumah yang mempercayai bahwa keminimalisan dapat menciptakan keindahan. Prinsip utamanya yaitu sedikit itu lebih (less is more).

Anak-anak muda pada umumnya menyukai rumah dengan desain minimalis. Alasannya simple. Sebab rumah minimalis memiliki pesona yang modern, mudah ditata, dan tidak membutuhkan perabotan yang banyak. Rumah minimalis selalu memunculkan kesan futuristik, bersih, serta optimis. Cocok sekali dengan gaya anak muda. Tidak usah bingung saat mendekornya. Karena pada dasarnya desain rumah minimalis itu gampang dibuat.

tips-mendekor-rumah-minimalis.jpg

Kiat-kiat di bawah ini akan membantu Anda dalam mendekor rumah minimalis!

Kiat 1. Jagalah Rumah tetap Bersih

Sebelum Anda memulai mendekorasi ruangan, Anda harus memegang prinsip desain minimalis untuk tetap menjaga rumah tampak bersih. Rumah Anda harus bersih dari barang-barang yang dapat membuatnya terlihat penuh sesak. Namun bukan berarti Anda tidak boleh memasukkan perabotan ke dalam rumah ya. Semua perabotan yang dipakai wajib mempunyai fungsi. Tidak boleh ada barang yang hanya digunakan sebagai pajangan saja. Bahkan kalau bisa, pilihlah benda-benda yang memiliki fungsi ganda.

Kiat 2. Buatlah Dekorasi yang Tegas

Dekorasi rumah minimalis juga harus terlihat tegas. Ada batas-batas yang jelas antara suatu bidang dengan bidang lainnya. Tidak boleh ada dekorasi yang terlihat samar. Bentuk-bentuk yang dipakai pun wajib merupakan bangun yang tegas. Biasanya dipilih bangun dasar kotak sebagai pilihan utamanya. Kemudian bentuk lengkung sengaja ditambahkan supaya rumah terlihat lebih fleksibel dan tidak terlalu kaku. Kini juga banyak tersedia aksen dekorasi yang didesain sedemikian rupa agar bisa dilipat-lipat. Aksen seperti ini serasi dengan rumah minimalis.

Kiat 3. Warnai dengan Cat yang Cerah

Dua warna cat utama yang paling cocok mendominasi cat rumah minimalis yaitu putih dan abu-abu muda. Dua warna ini tidak hanya mampu memancarkan kesan bersih, tapi efek futuristik yang dimilikinya pun begitu kuat. Anda bisa menggunakan warna putih atau warna abu-abu sebagai warna utama cat dinding. Kemudian untuk warna aksennya, pilihlah warna-warni yang terlihat cerah. Kuning, oranye, dan hijau pupus cocok sekali untuk rumah minimalis. Hindari menggunakan cat yang berwarna redup dan gelap.

Kiat 4. Gunakan Furniture yang Modern

Hindari menggunakan furniture klasik maupun tradisional untuk rumah minimalis. Karena furniture semacam ini biasanya dipenuhi ornamen ukiran yang notabene bertentangan dengan prinsip-prinsip minimalis itu sendiri. Kami sarankan pakailah furniture yang bergaya modern untuk mendukung rumah ini. Furniture modern dipilih karena mempunyai bentuk yang tegas, bersifat multifungsi, desainnya kreatif, dan dihiasi ornamen kaca yang dapat mempertegas kesan futuristiknya. Anda harus memakai furniture yang modern.

Kiat 5. Pilih Benda-benda dengan Motif Polos

Bagaimana pun rumah minimalis harus tetap bersih dan lapang. Sejauh mata memandang tak ada objek yang dapat mengganggu suasananya. Benda-benda dengan motif polos umumnya lebih banyak dipilih. Benda ini memancarkan keindahan asli dari wujudnya sendiri dan lapisan cat di permukaannya. Tidak ada motif unik atau aneh yang menjadi titik fokus ruangan karena semuanya bersatu padu menampilkan keindahan dari sebuah keminimalisan.

Kiat 6. Hiasi Menggunakan Tanaman Hidup

Satu-satunya hiasan yang boleh ada di rumah minimalis adalah tanaman hidup. Sebab pada hakikatnya tanaman tersebut tidak hanya menjadi hiasan saja, tetapi juga memiliki kegunaan sebagai penghasil oksigen untuk membuat rumah terasa lebih sejuk. Keberadaan tanaman juga akan mencairkan suasana rumah minimalis yang cenderung kaku menjadi lebih asri dan sedap dipandang mata. Tanamlah tumbuh-tumbuhan ini di pot yang bergaya minimalis, yaitu pot yang memiliki bentuk tegas serta dominasi warnanya putih atau abu-abu.