Desain
Jul27

6 Tips Membuat Gazebo di Rumah

tips-membuat-gazebo.jpg

Gazebo merupakan sebuah ruangan terbuka yang menjadi alternatif tempat berkumpul seluruh anggota keluarga. Biasanya, gazebo dibangun terpisah dari bangunan utama dan berfungsi sebagai fasilitas tambahan dari rumah tersebut. Peletakan gazebo bisa disesuaikan dengan sudut rumah yang memiliki view yang paling cantik, baik itu di taman depan, di samping, maupun di halaman belakang.

Pada umumnya, struktur bangunan gazebo dibuat memakai bahan material semi permanen, ringan, dan terbuka. Untuk menujunya, dibuatlah jalan setapak dari kumpulan batu-batu. Tidak lupa, di sekeliling area gazebo ditanam beraneka tumbuhan bunga sebagai pemanis tampilannya.

Pada kesempatan kali ini, arafuru.com akan memberikan tipsnya bagaimana merancang dan mendekorasi gazebo supaya hasilnya cantik :

1. Menentukan Konsep Tema Gazebo

Sama halnya dengan rumah, model gazebo pun ada banyak sekali. Mulai dari yang bergaya tradisional, klasik, country, hingga konsep minimalis. Pemilihannya bisa disesuaikan dengan konsep tema yang diambil pada bangunan rumah utama. Pembuatan gazebo tradisional biasanya dilakukan dengan menjadikan unsur alam, seperti batu, kayu, bambu, dan serat sebagai dominasi ruangan. Sedangkan, gazebo bergaya klasik lebih meniru bangunan-bangunan gaya eropa yakni dengan mengecat seluruh dinding memakai warna putih dan memenuhi area sekitarnya dengan beragam bunga. Lain lagi untuk gazebo bergaya minimalis, Anda bisa membangun ruang yang lebih terbuka, menambahkan furnitur modern, serta menggunakan jenis warna-warna yang netral khas konsep minimalis.

2. Ukuran Gazebo yang Ideal

Menghitung ukuran gazebo bisa Anda lakukan dengan menyesuaikan daya tampung yang ingin Anda hasilkan. Sebagai contoh, untuk gazebo yang mampu menampung 4 orang, maka ukuran luas yang ideal adalah 2×2 meter. Yang penting, ukuran luas gazebo tidak melebihi seperlima dari luas halaman rumah di mana gazebo tersebut akan dibuat. Hal ini dimaksudkan agar tercapai keselarasan ukuran dekorasi pada area halaman rumah.

3. Gorden Sebagai Pembawa Suasana Romantis

Ingin mendapatkan pengalaman yang romantis di gazebo? Kuncinya adalah cukup memasang gorden pada dinding-dindingnya. Sama halnya pada interior rumah, gorden yang berkarakter lemah gemulai ini juga mampu menghadirkan keromantisan di luar ruangan. Tema gazebo seperti ini sangat cocok diterapkan jika Anda merupakan pengantin baru dan masih tinggal berdua dengan pasangan.

4. Memilih Tumbuhan yang Tepat

Secara umum, semua tumbuhan yang cantik akan bagus ditanam di sekitar lokasi gazebo. Tetapi, pemilihan tumbuhan yang sesuai dengan tema yang ingin dibuat mampu memperkuat tema yang dihasilkan. Tanaman berbunga masih menjadi pilihan utama sebagaimana pembuatan taman rumah biasa. Hindari menanam pohon besar di dekat gazebo karena akan menghalangi pencahayaan yang masuk ke dalamnya.

5. Posisi Ideal Gazebo

Biasanya gazebo dibangun tepat di tengah-tengah halaman agar view yang didapat saat berada di dalamnya menjadi lebih luas. Untuk posisi yang lebih menarik, sudut terluar taman bisa menjadi alternatifnya. Posisi seperti ini memungkinkan Anda berkesempatan untuk menikmati keindahan taman dahulu sebelum mencapai lokasi gazebo.

6. Menghadirkan Suasana Alami di Gazebo

Atap ijuk biasanya menjadi favorit untuk menghiasi gazebo. Atap ini mampu menghadirkan kesan pedesaan yang terlihat tenang. Bambu juga bisa Anda hadirkan, baik sebagai konstruksi utama maupun sekedar aksesoris ruangan. Untuk nuansa alam yang lebih modern, Anda bisa memakai lantai kayu sebagai alas gazebo.

Adanya gazebo tidak hanya akan mempercantik tampilan rumah, tetapi juga mampu membuat kehidupan di dalamnya jauh lebih sehat dan harmonis. Biasakan setiap weekend Anda menikmati hari bersama keluarga untuk sekedar ngobrol atau membuat acara pesta kebun. Menghadirkan kolam ikan di dekat gazebo juga akan meningkatkan fungsionalitasnya. Selamat mencoba!