Desain
Mar6

6 Tips agar Dapur Sempit Terkesan Lega

Bagaimana tips agar dapur sempit terkesan lega? Mempunyai dapur yang berukuran kecil bukan berarti anda tidak dapat menyiapkan hidangan lezat dengan nyaman. Hanya orang yang tak bisa memasak saja yang akan menyalahkan lingkungan tempat masaknya. Bagaimana pun ukuran dan bentuk dapur di rumah, serta peralatan yang tersedia, kesemuanya itu baik adanya.

tips-agar-dapur-sempit-terkesan-lega.jpg

Dapur Berukuran Sempit

Enam tips dari arafuru.com berikut ini mungkin akan sangat membantu anda!

1. Temukan Tempat untuk Semua Barang

Agar terkesan lega, temukanlah semua tempat untuk masing-masing perabotan yang anda letakkan di dapur. Hal ini bertujuan untuk menciptakan nuansa yang rapi dan mudah dijaga kerapiannya. Dapur yang rapi akan menghasilkan ruang gerak yang lebih banyak dan tidak memusingkan mata. Sehingga kesannya pun menjadi lebih lega.

2. Bersikap Terbuka dan Coba Hal Baru

Cobalah berkreasi dengan hal-hal yang baru dan bukalah pikiran anda lebih luas. Hal ini dilakukan agar aturan yang selama ini anda aplikasikan untuk menata dapur dapat berubah. Sebagai contoh, biarkan isi lemari bisa terlihat dari luar dengan melepaskan pintu lemari tersebut. Sebagai alternatifnya, bisa juga dengan mengganti bahan pintu kayu dengan bahan kaca transparan.

3. Ciptakan Kesan Ilusi Dapur yang Luas

Untuk menciptakan kesan interior dapur yang lebih luas, anda bisa membuat suatu kohesi. Biasanya dapur akan terlihat penuh jika dipenuhi dengan tumpukan peralatan memasak yang beraneka warna. Untuk itu, anda bisa menerapkan warna cat dinding putih yang dipadukan dengan piring putih pula. Warna piring yang sama dengan dinding membuat keduanya tampak melebur menjadi satu. Hasilnya dapur pun terasa lebih luas dan lebih rapi meskipun sedang berantakan sekalipun.

4. Sesuaikan Jumlah Peralatan dengan Luas Dapur

Sah-sah saja apabila anda ingin mengoleksi berbagai peralatan dapur. Hanya saja jika luas dapur yang anda miliki terbatas, anda harus menyesuaikan jumlah dan ukuran peralatan dapur dengan luas ruangan yang tersedia. Misalnya bila anda hidup seorang diri, maka anda tidak perlu memakai penanak nasi ukuran besar. Begitu juga, anda mungkin tidak membutuhkan lagi selusin piring dan gelas-gelas jumbo.

5. Buatlah Interior Dapur Terlihat Terang

Agar ruangan sempit terkesan lega, kemampuan cahaya yang bersinar terang dapat diandalkan. Usahakan dapur di rumah anda memiliki akses langsung ke sinar matahari dengan tambahan pencahayaan buatan yang terang. Sebaliknya, dapur yang gelap akan menyebabkan kelembaban tinggi apalagi jika tidak bisa menerima sinar matahari.

6. Gunakan Furnitur yang Bersifat Multifungsi

Untuk dapur sempit, jangan lupa juga memanfaatkan furnitur-furnitur yang bersifat multifungsi. Salah satunya adalah menempatkan meja kecil yang dapat digunakan sebagai island sekaligus meja makan. Selain lebih berguna, furnitur semacam ini pun lebih menghemat tempat.