Desain
Oct27

6 Software Desain Grafis Terbagus Sepanjang Masa

Bagi Anda yang baru belajar mungkin pernah bertanya-tanya apakah software desain grafis yang paling bagus? Sebenarnya pertanyaan tersebut tidak hanya ditanyakan oleh Anda sendiri, tetapi semua orang yang bergelut di bidang desain grafis pun kerap memikirkannya. Bagus tidaknya suatu software tidak bisa diukur hanya dengan jumlah tools yang dimilikinya. Melainkan seberapa bergunakah software tersebut untuk mendukung pekerjaan Anda. Software yang bagus adalah software yang bisa memudahkan Anda dalam bekerja.

Beruntung sekali karena saat ini sudah ada sangat banyak software yang diciptakan khusus untuk pekerjaan desain grafis. Dari mulai software yang mempunyai tools sederhana sampai dengan software dengan kemampuan yang rumit. Hal ini memungkinkan Anda dapat membuat karya desain grafis yang mungkin belum pernah dipikirkan sebelumnya pada zaman dahulu. Kini seorang desainer grafis bisa membuat gambar tiga dimensi dengan efek realistis sehingga mirip sekali sesuai kondisi di dunia nyata.

Di bawah ini daftar software-software desain grafis yang menurut kami paling bagus di dunia!

  1. Photoshop

Sudah tentu Photoshop merupakan software terbaik sampai saat ini untuk mendukung pekerjaan desain grafis. Software buatan Adobe ini mempunyai tampilan antarmuka yang sangat baik dengan dukungan tools yang begitu komplit. Dengan memakai Photoshop, Anda dapat melakukan pekerjaan yang sederhana seperti menghapus objek yang tidak diinginkan pada gambar hingga membuat suatu gambar menjadi lebih indah. Pokoknya Anda bisa mengedit gambar dengan efek apapun menggunakan software yang satu ini. Photoshop cocok dipakai untuk para pemula maupun profesional yang sudah mahir.

  1. GIMP

GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah software alternatif Photoshop nomor satu. Sebenarnya GIMP tidak hanya cocok dipakai oleh desainer grafis, tetapi para fotografer pun dapat menggunakannya. Fitur manipulasi foto di dalamnya sangat lengkap sehingga akan mempermudah Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal ini memungkinkan Anda bisa menghasilkan karya grafis dengan detail yang sangat jernih. Antarmukanya sangat mudah dipelajari dan memiliki tampilan yang modern. Anda pasti bakal terkagum-kagum sendiri setelah melihat kemampuan GIMP ini.

software-desain-grafis-terbagus.jpg

  1. Illustrator

Illustrator sangat cocok dipakai untuk melakukan pekerjaan pembuatan logo, sketsa, tipografi, dan icon. Anda yang ingin menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan vektor, sangat dianjurkan untuk menggunakan software yang satu ini. Keunggulannya terletak pada kemampuan deteksi piksel yang dimilikinya begitu sempurna. Kabar baiknya adalah terdapat plugin tambahan yang akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat umum.

  1. Inkscape

Software selanjutnya yang bagus dipakai oleh para pencinta seni vektor ialah Inkscape. Tidak masalah apakah Anda seorang pemula atau orang yang sudah mahir sebagai pembuat desain grafis, Inkscape akan membuat pekerjaan Anda semakin mudah. Software ini mempunyai beragam kemampuan seperti sketching, coloring, atau making illustrations. Jangan khawatir sebab Inkscape gampang dipelajari kok. Beberapa fitur unggulan dari software ini antara lain mengedit source code, memindah screen pixels, mengedit clones pada canvas, mengedit gradient, serta mengisi paint-bucket.

  1. CorelDraw

Sebagian besar desainer grafis di Indonesia pasti sudah tahu tentang CorelDraw. Bahkan mungkin sudah akrab menggunakannya untuk mengerjakan tugas sehari-hari. CorelDraw memiliki kemampuan membuat infinite design tanpa kesalahan sama sekali. Keunggulannya terletak pada tools di dalamnya yang didesain secara sederhana dan mudah dimengerti, tetapi mempunyai kemampuan yang sangat mumpuni. Tools tersebut memberikan Anda kontrol secara penuh sehingga Anda dapat bekerja dalam waktu yang cepat dan dinamis.

  1. InDesign

Adobe seperti tidak pernah kehabisan akal untuk memproduksi software desain grafis yang belum pernah ada sebelumnya. Salah satunya Adobe InDesign yakni software yang secara khusus dipersembahkan untuk pembuatan desain yang bersifat desktop dan mobile. Apabila Anda ingin membuat buku cetak, brosur, atau majalah digital, maka software ini akan sangat membantu Anda. Di dalamnya telah tersedia tools yang akan memanjakan Anda dalam bekerja. Bahkan software ini juga bisa disinkronisasi dengan Creative Cloud sehingga Anda dapat mengakses pekerjaan dari mana pun dan kapan pun.