Desain
Oct12

6 Inspirasi Desain Gazebo untuk Bersantai

Pernahkah anda membayangkan punya gazebo sendiri di rumah? Tentunya menyenangkan sekali ya. Kita bisa menikmati suasana santai dengan berbaring di ruangan terbuka, ditemani cicit burung dan semilir angin sepoi-sepoi.

Inspirasi-inspirasi berikut ini mungkin akan membantu anda mendesain gazebo yang tampak sempurna :

desain-gazebo.jpg

Bagian terpenting saat membuat gazebo adalah memperhatikan keseimbangannya dengan rumah. Gazebo yang proporsional, umumnya berukuran 1/5 dari seluruh area halaman atau minimal 2 x 2 meter. Ukuran seperti ini memungkinkan anda sekeluarga bisa bersantai dengan nyaman dan menambahkan perabotan yang diperlukan.

inspirasi-desain-gazebo.jpg

Sebaiknya, penempatan gazebo juga jangan terlalu dekat dengan posisi rumah. Di gazebo ini kita ingin menciptakan suasana santai yang terbuka. Jika keduanya terlalu menempel, area pandangnya pun menjadi berkurang. Pastikan anda mendirikan gazebo dengan jarak minimal 2 meter dari bangunan rumah.

desain-gazebo-yang-asri.jpg

Adanya pepohonan yang tumbuh di sekitar gazebo, membuat suasananya terasa sejuk dan asri. Namun, anda perlu berhati-hati dengan tanaman berbuah. Sebab, buah yang matang bisa jatuh setiap saat dan merusak atap gazebo anda. Pohon berbuah juga berpeluang besar menjadi sarang semut, ulat, dan serangga lainnya. Jadi, usahakanlah memangkas dahan-dahan pohon secara berkala, terutama untuk dahan yang tumbuh di atas gazebo tersebut.

desain-gazebo-untuk-bersantai.jpg

Untuk mempercantik lingkungan taman, anda bisa membangun jalan setapak yang menghubungkan rumah dengan gazebo. Buatlah jalan ini dengan lebar 30 cm sampai 80 cm menggunakan tanah atau paving block. Selanjutnya, hiasi dengan bebatuan kecil dan keramik.

tips-mendesain-gazebo.jpg

Meskipun berada di luar rumah, bukan berarti gazebo tak butuh pencahayaan buatan. Khususnya di malam hari, gazebo bisa terlihat sangat indah melalui pengaturan cahaya yang tepat. Gunakan lampu bercahaya kuning agar nuansa glamor dan elegan semakin terasa.

tips-desain-gazebo-indah.jpg

Selain pada bangunan gazebo, pencahayaan juga perlu ditambahkan di sekitar area taman. Anda bisa menambahkan lampu-lampu taman, memasang up light di pepohonan, maupun menghias aneka lampu berwarna-warni yang mengelilingi halaman. Cahayanya akan semakin menyemarakkan suasana gazebo di rumah anda.